Jakarta (Antara Kalbar) - Kepala Pusat Penilaian Pendidik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam mengatakan pengumuman hasil ujian nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dilangsungkan serentak pada 14 Juni.

"Proses pemindaian lembar jawaban selesai. Jadi pengumuman hasil UN dilangsungkan pada 14 Juni mendatang," ujar Nizam di Jakarta, Rabu.

Meski demikian, Nizam mengakui ada beberapa sekolah di sejumlah kabupaten yang masih dalam tahap verifikasi karena kurang data, seperti nilai sekolah yang belum lengkap.

"Tapi hal itu tidak sampai menghambat jadwal pengumuman hasil UN SMP.Pengumuman tetap akan dilangsungkan tepat waktu."
   
Proses pemindaian lembar jawaban SMP berbeda dengan pemindaian lembar jawaban SMA/SMK.

Lembar jawaban SMA/SMK dilakukan oleh perguruan tinggi negeri yang telah ditunjuk di masing-masing provinsi. Sedangkan pemindaian lembar jawaban SMP dilakukan oleh dinas pendidikan provinsi yang kemudian mengirimkan hasil pemindaiannya ke Puspendik Kemdikbud.

UN SMP telah dilangsungkan pada Senin (5/5) hingga Kamis (8/5). Jumlah peserta UN SMP sederajat secara nasional mencapai 3.902.938 pelajar. Sedangkan yang peserta yang ikut Paket B sebanyak 227.743.

Mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Pewarta: Indriani

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014