Jakarta (Antara Kalbar) - Perusahaan manufaktur pesawat terbesar di Eropa, Airbus, bakal mengirim pesawat pertama yang dipesan oleh maskapai penerbangan Lion Air pada kuartal ketiga 2014.

Rilis Airbus yang diterima di Jakarta, Jumat, menyatakan, pesawat Airbus pertama untuk Lion Group Indonesia telah keluar dari hanggar pengecatan di Toulouse, Perancis.

Pesawat yang sudah dilengkapi dengan logo Batik Air itu akan dikirim pada kuartal ketiga untuk dioperasikan oleh Batik Air, anak usaha Lion Group, untuk jaringan domestik dan regional.

Pesawat itu sendiri merupakan pesawat pertama dari pesanan besar dari Lion Group untuk armada mereka dengan total 234 pesawat A320 (109 armada A320neo, 65 armada A321neo dan 60 armada A320ceo), yang dilakukan pada Maret 2013.

Sebelumnya, Lion Group segera merampungkan pembangunan pusat perawatan pesawat (maintenance repair overhuld/MRO) kedua di Komplek Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Berdasarkan Informasi dari Lion Group, saat ini MRO kedua masuk tahap penyempurnaan, kemungkinan akan beroperasi Juni nanti," kata Kepala Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suprasetyo di Batam, Kamis (22/5).

Jika fasilitas tersebut selesai, ujar dia, maka kepadatan penerbangan di Hang Nadim Batam dipastikan akan meningkat signifikan.

"Makanya mulai akhir Mei ini bandara dibuka 24 jam. Kami akan atur agar pesawat yang mau jalani perawatan tiba pada malam hari dan tidak mengganggu jadwal penerbangan reguler," kata Suparsetyo.

(M040*KR-LNO/ROO7)

Pewarta: Muhammad Razi Rahman

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014