Surabaya (Antara Kalbar) - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Boediono mengingatkan pentingnya peranan keluarga demi terciptanya kehidupan masa depan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

"Hal penting yang harus disadari, dan untuk ingat bahwa kualitas keluarga tentukan kualitas manusia," ujar Wapres Boediono saat memberikan sambutan pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-21 tahun 2014 dengan tema "Melalui Hari Keluarga Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Dalam Mewujudkan Indonesia Sejahtera" di lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, Sabtu.

Ia mengatakan, kualitas manusia itu merupakan salah satu faktor untuk menentukan keberhasilan bangsa.

"Jadi keberhasilan sebuah bangsa itu tidak luput dari peranan seorang ibu dalam menentukan karakter keluargnya masing-masin," tutur wapres.

Saat ini, banyak program pemerintah terkait pemberdayaan perempuan yang terus ditingkatkan di antaranya adalah peningkatan kesehatan, pengurangan angka kemiskinan.

"Pada program tersebut yang menjadi ujung tombaknya adalah perempuan sebagai pelaksana di lapangan serta dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Sebagai negara penduduk terbanyak keempat dunia, menurut Boediono, peningkatan kalitas sumber daya manusia itu bukanlah hal mudah.

"Terlebih lagi dengan adanya wilayah kepulauan membutuhkan tantangan tersendiri untuk memberikan pelayanan yang memadai kepada masyarakat. Selain itu, diperlukan juga kerja keras dan kerja cerdas untuk mewujudkan itu semua," tukasnya.

Pada momentum ini, kata dia, komponen bangsa dalam hal ini Pemerintah Pusat dan daerah, penggiat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), tokoh msyarakat, tokoh agama, pelaku dunia usaha harus bahu membahu untuk membantu masalah kependudukan ini.

"Hal sederhana yang bisa dilakukan yaitu upaya membatasi jumlah anak demi kesehatan keluarga. Karena harus disadari jika generasi yang berkualitas itu salah satunya ditentukan oleh kelahiran yang direncanakan," tuturnya.

Pada kesempatan ini, Wapres meminta kepada Gubernur, Bupati, Wali Kota untuk turut menyukseskan program ini pada masing-masing bidang kependudukan.

"Koordinasi harus terus dilakukan demi suksesnya program ini, demi terciptanya bangsa yang berkualitas," tukasnya.

Pada puncak peringatan hari keluarga nasional ini, Wakil Presiden Boediono juga sempat meninjau beberapa "stand" atau saung pameran yang ada di lokasi kegiatan.

(KR-IDS/C. Hamdani)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014