Sintang (Antara Kalbar) - Tahun ajaran baru telah dimulai. Penerimaan siswa baru di setiap jenjang pendidikan mulai dibuka. Di Sintang, seperti tahun-tahun sebelumnya rata-rata biaya masuk bagi siswa baru untuk tingkat SLTA berkisar antara Rp1,8 juta hingga Rp2 juta. Salah satunya di SMAN 2 Sintang.

Kepala SMAN 2 Sintang, Ananias menyampaikan biaya masuk siswa baru di SMAN 2 Sintang totalnya mendekati Rp2 juta. Besaran biaya ini kurang lebih sama dengan tahun lalu.

Dia mengatakan biaya masuk tersebut sudah termasuk biaya pembuatan seragam sekolah. “Kalau untuk SMAN 2 Sintang, seragam sekolah yang dibuat yaitu seragam sekolah putih abu-abu, seragam pramuka, seragam batik, kaos olahraga dan baju ekskul pramuka. Pembuatan seragam sekolah ini dikoordinir oleh sekolah,” katanya.

Ananias menegaskan biaya masuk yang ditetap sekolah ini sudah disepakati komite sekolah. Sementara untuk iuran komite, SMAN 2 Sintang setiap bulannya menarik iuran komite Rp65 ribu. “Tahun ini, untuk iuran komite belum kami bahas, kemungkinan naik menjadi Rp70 ribu jika disetujui orangtua siswa,” katanya.

Bagi orangtua yang ekonominya mampu, angka Rp2 juta ini terbilang kecil. Namun bagi orangtua yang berpenghasilan di bawah Rp2 juta perbulannya, maka angka tersebut sangat memberatkan bagi mereka.

Sementara itu, di SMAN 3 Sintang penerimaan siswa juga telah dibuka. Kepala SMAN 3 Sintang, Heri Bertus menyampaikan rencananya sekolah ini menerima 144 siswa baru. Dia mengatakan untuk biaya masuk siswa baru pihak sekolah belum memutuskannya. “Masih dibicarakan dengan komite,” katanya.

Di SMAN 3 Sintang, iuran komite sekolah selama ini sebesar Rp85 ribu perbulan. Hal yang sama juga disampaikan Kepala SMAN 1 Sintang, Edi Sunaryo. Dia mengatakan SMAN 1 Sintang rencananya akan menerima 252 siswa baru. Untuk biaya masuk bagi siswa baru rencananya akan dirapatkan dengan orangtua siswa.

“Kami akan meminta respons orangtua siswa terlebih dahulu terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan sekolah,” katanya.

Dia mengatakan belum bisa memastikan berapa besaran biaya masuk bagi siswa baru karena sekolah juga masih menunggu hasil rapat dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang. Untuk iuran komite, kata Edi, selama ini SMAN 1 Sintang menarik iuran komite sebesar Rp130 ribu perbulan.

Pewarta: Faiz

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014