Pontianak (Antara Kalbar) - PT Hutchison 3 Indonesia, pengelola layanan selular Tri (3), siap menghadapi lonjakan penggunaan jaringan saat Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2014.

Menurut Senior Manajer Public Relations & Media Hutchison 3 Indonesia, Arum K Prasodjo di Pontianak, Rabu, kapasitas jaringan Tri saat ini masih memadai untuk mengakomodasi lonjakan hingga dua kali lipat trafik telepon dan SMS bahkan mampu mengatasi kenaikan trafik SMS di jam-jam sibuk.

Ia menambahkan, untuk trafik data, Tri telah meningkatkan kapasitas hingga 50 persen dari trafik normal pada hari biasa.

Selain itu, 70 persen dari total Node B Tri memiliki kapasitas 42 Mbps yang dapat menghantarkan akses internet cepat.

Saat ini Tri telah memperluas jangkauan hingga mencakup sebagian besar wilayah Kepulauan Indonesia dengan jumlah pelanggan sebanyak 40 juta (berdasarkan Quarter 1 2014), 70 persen di antaranya adalah pelanggan data.

Jaringan Tri diperkuat oleh 33.219 BTS, 14.512 di antaranya adalah BTS 3G yang terbentang di pulau Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.

Cakupan layanan HSDPA Tri telah melayani lebih dari 86 persen populasi penduduk Indonesia dengan sinyal di 278 kabupaten/kotamadya di 25 provinsi.

Chief Technology Officer Tri Randeep Singh Sekhon menambahkan selama tujuh tahun beroperasi, Tri telah melewati masa Ramadhan dan Lebaran dengan memberikan layanan terbaik dan kenyamanan kepada pelanggan.

Ia menambahkan, jaringan Tri mendukung untuk lonjakan panggilan, trafik SMS dan data yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Jaringan kami telah siap untuk melayani pelanggan, terutama di jalur utama mudik dan kota kota tujuan mudik," katanya.

Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, rata-rata kenaikan trafik voice, SMS dan data meningkat 30 persen pada Lebaran tahun lalu.

Peningkatan mulai H-7 hingga H+7 dan puncaknya pada H-1 dan hari H. "Tahun ini, kurang lebih sama," ujar dia. 

(T011/R007)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014