Sungai Raya (Antara Kalbar) - Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Kubu Raya menata perencanaan pembangunan jalan-jalan poros yang juga merupakan fokus Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya untuk saat ini.

"Kami dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kubu Raya saat ini sedang melakukan penerjemahan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati yang sedang menjabat saat ini untuk diimplementasikan ke dalam berbagai program untuk lima tahun ke depan. Salah satunya adalah pembangunan jalan poros yang saat ini sedang kita rancang" kata Kepala Bappeda Kubu Raya, Nurmarini di Sungai Raya, Senin.

Dia menjelaskan, tugas utama Bappeda yang saat ini sedang dilaksanakan yaitu berpedomankan RPJMD tahun 2014 yang pastinya akan dijalankan dengan program-program yang nyata ke depan.

"Mengenai program-program yang belum terselesaikan pada kepemimpinan sebelumnya, kita punya yang namanya dokumen perencanaan RPJP dan kemudian RPJMD yang tahap pertama. Untuk program yang belum tercapai di tahap pertama ini pastinya di tahap kedua akan dilaksanakan dan menjadi prioritas nantinya," tuturnya.

Dirinya mengatakan, ketika RPJMD tahap pertama telah terselesaikan pastinya Bappeda akan melakukan evaluasi terkait program-program yang telah diselesaikan nantinya.

"Nantinya ketika evaluasi telah dilakukan, pastinya akan diketahui program yang mana harus dilanjutkan dan memberikan manfaat besar dan mana program yang harus dilihat performanya dan mana yang harus di evaluasi," katanya.

Pastinya untuk RPJMD tahap kedua, lanjutnya, fokus yang akan dilakukan yaitu pembenahan infrastruktur yang ada saat ini, jalan desa yang menghubungkan antar desa. Selain itu, jalan kecamatan yang menghubungkan antar kecamatan, jalan kecamatan yang menghubungkan jalan kabupaten semuanya akan segera dibenahi guna meningkatkan pembangunan infrastruktur transportasi.

"Ketika jalan-jalan poros yang telah terbangun dengan baik di setiap kecamatan, maka efek pengganda akan terjadi dan mudah-mudahan saja ketika jalan poros nantinya telah berkembang dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat ke depan," kata Nurmarini.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014