Pontianak (Antara Kalbar) - Universitas Tanjungpura Pontianak menargetkan minimal bisa mengirim perwakilannya pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina tahun 2014, kata Dekan Fakultas MIPA Untan Pontianak Dadan Kusnandar.

"Paling tidak kami bisa mengirimkan satu-satu perwakilan pada lomba OSN Pertamina Kategori Teori, yakni bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi, sementara untuk kategori Proyek Sains kami pesimis bisa bersaing dengan universitas di Pulau Jawa," kata Dadan Kusnandar di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan pada OSN Pertamina 2013, Untan Pontianak memborong untuk Kategori Teori di tingkat Kalimantan, yakni masing-masing dua dari Fakultas MIPA, satu dari FKIP, dan satu lagi dari Fakultas Kedokteran dari sekitar 500 peserta tahun lalu.

"Tahun ini sudah ada sekitar 122 mahasiswa yang sudah mendaftar secara `online` dari target sebanyak 600 mahasiswa, yang akan mengikuti tes tertulis `multiple choice` yang diselenggarakan di 42 universitas, dari 33 provinsi secara serentak seluruh Indonesia," ungkapnya.

Dadan menambahkan bagi peserta OSN Pertamina 2014 yang lolos tes tertulis yang diselenggarakan 25 September 2014, maka mereka akan bersaing di tingkat nasional pada minggu keempat November 2014. Pemenang OSN 2014 akan menampilkan karyanya minggu pertama Desember 2014.

Kompetisi di OSN Pertamina ada dua, yakni Kategori Teori terbagi menjadi bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi, dan kategori Proyek Sains karya cipta dari tiga bidang, diantaranya bidang aplikasi perangkat lunak (APL) rancang bangun (RB), dan produk unggulan (PU).

Adapun tahapan kompetisi OSN Pertamina 2014, yakni sosialisasi dan koordinasi Juni - Juli; koordinasi tingkat nasional 18-20 Juni; audiensi dengan DIKTI 13 Agustus; video conference dengan perguruan tinggi mitra 20 Agustus; publikasi dan registrasi 23 Juni - 19 September; seleksi tingkat provinsi (teori) 25 September; poster session (proyek sains) 25 September; desk evaluasi (proyek sains) 16 - 25 September; pengumuman lulus desk evaluasi 26 September; penyisihan proyek sains (online) 3 - 6 Oktober; pengumuman babak penyisihan 9 Oktober; babak final tingkat nasional minggu keempat November; dan penyematan hadiah bagi pemenang minggu pertama Desember 2014.

Sementara itu, Perwakilan PT Pertamina Wilayah Kalbar Syahrudin menyatakan, tujuan diadakannya OSN Pertamina guna mencari generasi-generasi yang cerdas dan bisa menyumbangkan hasil karyanya dalam mencari energi alternatif selain gas dan bumi.

Dia berharap ada putra dan putri terbaik Kalbar yang bisa masuk hingga babak final dalam kompetisi OSN Pertamina 2014.


(A057/Y008)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014