Sanggau (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sanggau akan fokus dalam pembangunan sektor pertanian yang menekankan agri bisnis dan agro industri, kata Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura Dinas Pertanian, Perikanan, Peternakan Sanggau, Budi Darmawan S STP, MMA.

"Ini merupakan langkah untuk peningkatan produkstivitas hasil pertanian di Kabupaten Sanggau, jelas harus melalui upaya peningkatan kualitas yang berorientasi global," kata Budi Darmawan.

Kendati demikian kata Budi, program tersebut harus ditopang ketersediaan infrastruktur produksi atau   prasana dan prasarana pertanian yang memadai.

"Nah, untuk pengembangan prasarana dan sarana tersebut, memerlukan dukungan sumber daya manusia (SDM) yang profesional," ujar dia.

Khusus dalam pengelolaan SDM, terutama dalam  hal  kecakapan  dan  keterampilan yang sesuai dengan  kemampuan teknologi dan sumber daya alam (SDA) komoditas unggulan Kabupaten Sanggau secara komperatif dan kompetitif.

"Pembangunan pertanian di Kabupaten Sanggau kedepan, memang diperlukan landasan yang kokoh, tangguh dan efisien untuk mencapai tujuan yaitu masyarakat pertanian yang   sejahtera," ujar dia.

Untuk itu, kata dia, diperlukan  keterpaduan  dan  strategi yang terwujud dalam suatu koordinasi perencanaan antara program pusat dan pelaksanaan di daerah.

"Jelas harus ada koordinasi  dan  sinkronisasi  antar instansi  terkait,  mulai  dari  tingkat  pusat sampai  ke tingkat  daerah,  serta  peran  pengusaha dan masyarakat  secara terpadu," katanya.
 
Sebagaimana diketahui, Kabupaten Sanggau memiliki potensi pertanian dengan wilayah yang cukup luas dimana  masih  banyak  terdapat  potensi  lahan  sawah  yang  belum  dimanfaatkan, maka sangat dimungkinkan perluasan cetak sawah, sehingga secara langsung mau pun tidak langsung akan meningkatkan taraf hidup petani menjadi lebih sejahtera.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014