Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Badan Kepegawaian Daerah mulai mempersiapkan proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2014.

"Kita mulai mempersiapkan berbagai hal terkait pelaksanaan tes CPNS itu dan untuk di Kubu Raya yang kebetulan sudah ada tempat yang bisa digunakan untuk tes, seperti di SMPN 1 Sungai Raya dengan kapasitas 50 orang. Tes nanti akan menyesuaikan dengan jumlah pelamar yang ada, namun pelaksanaan tes dilakukan secara bergantian dan tidak serempak," kata kepala BKD Kubu Raya, Kusyadi di Sungai Raya, Selasa.

Dia memaparkan, jika jumlah pelamar ada 2.000 orang, maka dalam satu hari bisa menyelenggarakan tes sebanyak empat shift, dengan rincian pagi dua shift dan siang dua shift.

"Jadi empat kali 50 orang berarti 200 orang akan tes setiap hari. Kalau ada 2.000 pelamar artinya kita bisa tes selama 10 hari karena tesnya hanya lebih kurang 2 jam saja, namun untuk soal yang akan dipakai pada tes CPNS nanti tidak akan mungkin bisa sama," tuturnya.

Kusyadi menjelaskan, untuk waktu tes sendiri sampai saat ini pihaknya masih belum mengetahui kapan pastinya dan akan dijadwalkan ulang kesiapan dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Karena petugas yang akan datang untuk pengoprasian server dari BKN akan langsung datang ke Kubu Raya.

"Berdasarkan hasil rapat dengan BKD di tingkat provinsi, pengumuman penerimaan CPNS di Kalbar akan dilakukan serempak. Saat ini yang sudah keluar formasinya itu ada enam Kabupaten/kota termasuk Kabupaten Kubu Raya.

"Sebagian daerah penyelenggara tes CPNS yang sudah keluar tetapi kepastiannya harus dikonfirmasi lagi ke Menpan dan ada sebagian juga yang memang belum keluar dan akan mereka susul kemungkinan hari Jumaat nanti sudah beres semua dan akan kita umumkan serempak pada hari Senin tanggal 1 September," tuturnya.

Dia mengungkapkan, beberapa kali server dari Menpan memang sempat down karena banyak yang mengakses. Saat ini Menpan sudah memperbaiki sistem pendaftarannya.

Ia menambahkan, untuk proses tes nanti melihat seperti apa kesiapan dari daerah masing-masing karena menyangkut ketersediaan sarana dan prasarana pelaksanaan tes.

Untuk kesiapan BKD sendiri terkait sistem Penerimaan CPNS yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) pihaknya akan menyiapkan sarana dan prasarananya.

Kusyadi menuturkan teknis mendaftar nanti dilakukan secara online di www.panselnas.menpan.go.id. Setelah selesai mendaftar pelamar yang bersangkutan kemudian mencetak bukti bahwa telah mendaftar.

Dengan bukti cetak itulah nanti baru diserahkan ke BKD dengan disertakan dokumen pendukung seperti menunjukkn Ijazah asli kepada petugas.

"Pada proses pendaftar pelamar akan diminta untuk mengisi identitas seperti pengisian nomor induk kependudukan beserta jabatan yang akan dilamar kemudian dicetak kartu tanda pendaftaran. Setelah pelamar kemudian melengkapi syarat administrasi dan dibawa ke kantor BKD Kubu Raya," katanya.

Untuk kelengkapan administrasi yang harus dilengkapi, lanjut Kusyadi. Ada syarat administrasi yang harus dilengkapi ada ketentuan umum dan ketentuan khusus.

Misalnya, surat lamaran harus ditulis tangan sendiri, fotocopy ijaza, transkip nilai dan sebagainya. Namun untuk kartu kuning, SKCK dan Surat kesehatan tidak disyaratkan.

"Kartu kuning, SKCK, dan Surat kesehatan baru akan dilengkapi jika pelamar sudah dinyatakan lulus sebagai CPNS 2014," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014