Sungai Raya (Antara Kalbar) - Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kubu Raya menyatakan masih menunggu tindak lanjut dari Kemenpan dan BKN terkait pengajuan berkas penerimaan 138 orang CPNS K2.

"Untuk penerimaan CPNS K2 yang ditujukan bagi honorer yang sudah bekerja di atas lima tahun tersebut, datanya sudah dikirim kepada pemerintah pusat, sesuai dengan permintaan dari Kemenpan dan BKN RI. Jumlah honorer yang sudah kita ajukan untuk mengikuti tes CPNS K2 ada 138 orang," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kubu Raya Kusyadi di Sungai Raya, Senin.

Dia menjelaskan tahun 2013 lalu, pemberkasan untuk penerimaan CPNS K2 yang pertama sudah diajukan BKD Kubu Raya kepada pemerintah pusat. Hasilnya ialah sebanyak 436 honorer yang diajukan semuanya sudah lulus tes.

Tahun ini, pihaknya kembali mengajukan berkas penambahan jumlah PNS K2 bagi pegawai honorer Kubu Raya yang sudah memenuhi syarat untuk mengikuti tes yang jumlahnya 148 orang.

"Dan itu sudah kita persiapkan berkasnya kemudian juga sudah kita ajukan, sesuai permintaan Kemenpan dan BKN," tuturnya.

Meski mengaku sudah mengajukan berkas para honorer Kubu Raya tersebut, namun dia mengakui sampai saat ini pihaknya masih belum mengetahui tindak lanjut dari hal tersebut.

"Jika nantinya Kemenpan dan BKN sudah menyatakan bahwa mereka sudah lulus dan bisa diangkat menjadi PNS, maka mereka akan segera kita proses. Kemudian BKN mengeluarkan NIP dan mereka akan ditugaskan sesuai dengan bidangnya masing-masing," katanya.

Kusyadi menambahkan saat ini pihaknya juga sudah mulai mempersiapkan proses penerimaan CPNS untuk tahun 2014 ini.

"Kita mulai mempersipakn berbagai hal terkait pelaksanaan tes CPNS itu dan untuk di Kubu Raya yang kebetulan sudah ada tempat yang bisa digunakan untuk tes seperti di SMPN 1 Sungai Raya dengan kapasitas 50 orang. Tes nanti akan menyesuaikan dengan jumlah pelamar yang ada, namun pelaksanaan tes dilakukan secara bergantian dan tidak serempak dilakasnakan," tuturnya.

Dia memaparkan jika jumlah pelamar ada 2000 orang, maka dalam satu hari bisa diselenggarakan tes sebanyak empat shift, dengan perincian, pagi dua shift dan siang dua shift.

"Jadi empat kali 50 orang berarti 200 orang akan dites setiap hari. Kalau ada 2.000 pelamar artinya kita bisa tes selama 10 hari karena tesnya hanya lebih kurang dua jam saja, namun untuk soal yang akan dipakai pada tes CPNS nanti tidak akan mungkin bisa sama," tuturnya.

Kusyadi menjelaskan untuk waktu tes sendiri sampai saat ini pihaknya masih belum mengetahui kapan pastinya dan akan dijadwalkan ulang kesiapan dengan BKN. Karena petugas yang akan datang untuk pengoperasian server dari BKN akan langsung datang ke Kubu Raya.

"Berdasarkan hasil rapat dengan BKD di tingkat provinsi, pengumunan penerimaan CPNS di Kalbar akan dilakukan serempak. Saat ini yang sudah keluar formasinya itu ada enam Kabupaten/kota termasuk Kabupaten Kubu Raya," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014