Ngabang (Antara Kalbar) - Acara pelepasan 40 Calon Jemaah haji (CJH) Kabupaten Landak, Sabtu (13/9) di aula kantor Bupati Landak dilepas Sekda Ludis mewakili bupati. Ratusan keluarga dan pengantar CJH terlihat desak-desakan guna memberikan ucapan selamar jalan dengan cara berpelukan dan saling menangis.

Setelah dilepas secara resmi, CJH pawai keliling kota Ngabang kemudian langsung menuju ke Pontianak untuk diinapkan semalam di Asrama Haji Pontianak, selanjutnya pada, Minggu (14/9) diterbangkan ke Embarkasi Batam selanjutnya esok harinya terbang ke Jeddah Arab Saudi.

Sekda Ludis dalam pidatonya mengucapkan selamat jalan kepada CJH Kabupaten Landak yang berangkat ke tanah suic untuk menjalankan ibadah rukun Islam ke lima itu. Diharapkan para CJH mematuhi aturan penyelenggaraan haji dengan baik. “Sehingga ibadah bisa berjalan dengan lancar dan kembali ke tanah suci dengan menyandang predikat haji yang mabrur,” ujar Ludis.

Ludis meminta para CJH selalu menjaga kesehatan masing-masing. Karena cuaca antara Indonesia khususnya Kabupaten Landak dengan Arab Saudi tetap berbeda. Sehingga dengan sehat pelaksanaan ibadah haji dapat kosentrasi. “Jemaah agar selalu koordinasi tim petugas yang sudah disiapkan pemerintah,” ujar Ludis.

Kepala Kantor Kementerian Agama Landak Hj. Isriyah mengatakan, jumlah CJH Landak tahun 2014  sebanyak 40 orang, terdiri 21 laki-laki dan 19 perempuan. CJH Landak tergabung dalam kelompok penerbangan (kloter) 15 atau yang disebut kloter Nusantara berjumlah 445 orang, terdiri  Landak sendiri 40 orang, Kabupaten Bengkayang 89 orang dan  Kepualauan Riau 350 orang. Ditambah petugas sebanyak 5 orang.

“Sedangkan CJH Landak selama ini sudah mengikuti manasik atau pelatihan haji, dari 40 orang, untuk calon jemaah haji termuda atas nama Ida Hayati Basyria umru 39 tahun, sedangkan yang tertua atas nama Sumo Haji Sukur Robidan umur 84 tahun,” ungkap Isriyah.

Pewarta: Kundori

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014