Jakarta (Antara Kalbar) - Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menginstruksikan prajurit TNI yang tinggal di asrama untuk tidak memakai kendaraan bermotor, melainkan naik sepeda guna mendukung penghematan energi.

"Sepeda memiliki arti penting terhadap energi. Dengan memakai sepeda, akan terjadi penghematan energi sekaligus sehat," kata Panglima TNI saat acara "Gowes Bareng TNI, Rakyat Sehat" di Kemayoran, Jakarta, Minggu.

Pada kesempatan itu Panglima TNI melantik KSAL Laksamana TNI Marsetio dan KSAU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia sebagai Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Sepeda Indonesia, sedangkan untuk KSAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, pengangkatannya sudah lebih dulu dilakukan.

"Jadi kalau ada anak buah KSAU dan KSAL yang tidak punya sepeda, silakan minta," kata Moeldoko diiringi tawa.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI juga melalukan pengecekan fun bike di wilayah Kodam di seluruh Indonesia melalui teleconference di wilayah Kodam Kaltim, Kodam Udayana, Kodam di Makassar, Kodam Diponegoro, Kodam Siliwangi, Kodam Brawijaya dan kodam lain yang jumlah pesertanya puluhan ribu peserta.

Dalam kegiatan sepeda santai menyambut HUT ke-69 TNI ini, lebih dari satu juta peserta berpartisipasi. Mereka berasal dari anggota TNI-Polri dan masyarakat umum.

Selain di Jakarta, kegiatan serupa secara serentak juga digelar di seluruh wilayah Kodam di Indonesia. Di beberapa Kodam, jumlah peserta dilaporkan mencapai lebih dari 100.000 orang.

Pada Minggu pagi, Parkir Timur Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, telah dipenuhi peserta Fun Bike. Senayan merupakan titik start acara gowes bersama TNI, Polri dan rakyat ini.Olahraga bertajuk "Gowes Bersama TNI Rakyat Sehat", ini terselenggara berkat kerja sama panitia fun bike TNI antara dengan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) dan Komite Sepeda Indonesia (KSI).

Sedikitnya ada 110 ribu peserta yang dilepas Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko dari Senayan menuju Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Jakarta.

Peserta fun bike terdiri dari prajurit TNI, Polri, dan club sepeda umum serta komunitas sepeda di Jakarta, Bogor,Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Tak hanya rakyat, peserta Fun Bike juga diikuti Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko bersama para kepala staf angkatan, TNI dan Polri, yang ikut menggowes sepeda dari Senayan menuju Kemayoran.

Para peserta menempuh perjalanan sejauh 25 kilometer dengan start secara serentak di seluruh provinsi di Indonesia, dan terpusat di Jakarta.

Tujuan diselenggarakan fun bike ini adalah untuk meningkatkan semangat TNI dalam rangka peringatan hari jadi TNI Ke-69, mencegah global warming dengan memperkenalkan sepeda sebagai sarana dan alat transportasi yang paling baik untuk lingkungan serta pemeliharaan kesehatan masyarakat, memperkenalkan dan memperlihatkan bahwa negara Indonesia itu aman dan indah.

Para peserta yang mengikuti fun bike akan mendapatkan door prize yang fantastis berupa lima unit mobil, 15 sepeda motor, 200 sepeda dan hadiah hiburan berupa TV, Kulkas, dan kipas angin.

Kegiatan fun bike ini juga dilakukan sebagai ajang silaturahmi antara anggota TNI, Polri dengan masyarakat. Tempat penyelenggaraan secara nasional dibagi menjadi dua bagian besar yaitu penyelenggaraan tersebar di 12 wilayah Komando Utama(Kotama) TNI dan terpusat di wilayah Kodam Jaya, Jakarta.

Ketua Panitia Brigjen TNI (Mar) Turman Panjaitan, mengatakan, hingga pukul 08.00 WIB pagi mencapai jutaan orang. Kegiatan akan terus dipantau di seluruh Indonesia untuk mencapai rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Data terakhir tercatat ada 1.928.000 peserta fun bike. Hingga MURI menganugerahkan kepada TNI dengan penyelenggara fun bike terbanyak.

(S037/M.M. Astro)

Pewarta: Syaiful Hakim

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014