Sanggau (Antara Kalbar) - Tim penggerak PKK Kabupaten Sanggau kembali mengukir prestasi dari berbagai ajang perlombaan memasak mulai tingkat regional hingga nasional.

Sebelumnya di Lampung pada lomba masak masakan dan minuman tradisional regional tiga yang digelar bulan Mei, Sanggau berhasil meraih juara kedua.

Prestasi teranyar adalah juara satu pada ajang lomba masak masakan  tradisional dan minuman khas daerah tingkat nasional, saat pameran produk  Pangan Nusa Tahun 2014, di Komplek Kementerian Perdagangan RI, Jumat (26/9).

"Waktu di Lampung kita juara kedua. Puji Tuhan saat mewakili Kalbar di Jakarta, kita berhasil meraih juara pertama," ujar Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Ny Arita Apolina Hadi.

Ajang lomba masak ini diikuti sembilan peserta yang merupakan pemenang pada regional I, II dan III.

Pada ajang ini, torehan prestasi TP PKK Sanggau diikuti TP PKK Kabupaten Kutai sebagai  juara kedua dan Kabupaten Malang sebagai juara ketiga.

Saat lomba, TP PKK Sanggau menyajikan menu makanan pokok  bahan dasarnya beras dan jagung, yang dikemas dalam daun Sungkui. Dimana kalau di Sanggau dikenal dengan nama daun Tungkus. Lantas ditambahkan dengan Mangut Salai Lais, Oseng-oseng  Engkayuk Rampai, Tobu Toluk, Putri Besiram. "Sedangkan untuk minuman, air Serbat Belimbing Darah," papar dia.

Menurut Arita, dirinya yang sejak awal mengikuti lomba itu hingga pengumuman pemenang, tidak bisa menyembunyikan rasa haru dan gembiranya.

Terlebih lagi setelah Bondan yang terkenal dengan  "mak nyos-nya" selaku dewan juri mengatakan TP PKK Sanggau mendapat juara satu.

"Segala puji bagi Tuhan yang telah menganugerahkan nikmat dan karunia nya kepada kita. Sehingga TP PKK Sanggau berhasil mengharumkan nama Kabupaten Sanggau di tingkat nasional," kata dia.

Arita juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang ikut serta dalam ajang lomba itu dan kepada Ketua Pokja III TP PKK  Provinsi Kalbar, Ny Tri  Kurniati bersama anggotanya yang telah turut membimbing mengarahkan dan membantu sehingga mengikuti ajang itu.

“Sebelumnya kita tidak menyangka  bisa mendapat juara satu, apalagi yang menilai dewan juri cukup terkenal Wiliam Wongso, Bondan Wibowo, Ny Linda Adimidjaja,  Ny Titik dan Ny Santi. Nah, keberhasilan ini  patut kita syukuri. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada ibu ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Ny Frederika Cornelis, karena telah mempercayai Kabupaten Sanggau  mewakili Kalimantan Barat dalam lomba ini," tutur dia.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014