Jakarta (Antara Kalbar) - Sejumlah anggota DPD RI terpilih periode 2014-2019 mendeklarasikan gerakan Nusantara Setara di Jakarta, Senin, sebagai wujud komitmen anggota senator dalam mengikis segala kesenjangan yang ada di berbagai wilayah di Tanah Air.

"Seluruh anggota DPD memiliki kewajiban dan tugas untuk mengikis kesenjangan yang ada di seluruh nusantara. Saat ini tingkat disparitas pembangunan di Indonesia masih tinggi," kata anggota DPD terpilih asal Maluku Nono Sampono melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (29/9) malam.

Nono yang juga penggagas gerakan Nusantara Setara menyatakan, dengan selalu mengupayakan kesetaraan dalam pembangunan dan perekonomian di Indonesia, DPD akan lebih prima dalam mewujudkan amanat konstituen di daerah.

Nono meyakini gerakan itu akan menjadi salah satu penentu arah masa depan bangsa.

"Kalau kesenjangan antardaerah menipis, bahkan menghilang, janji konstitusi atas kemakmuran dan keadilan bersama bagi seluruh rakyat Indonesia menjadi kenyataan," ujar dia.

Dia menekankan, anggota DPD wajib menciptakan keadaan yang lebih baik dari periode sebelumnya. Nono yang juga menyatakan kesiapannya maju sebagai Ketua DPD, layaknya kandidat lain, mengajak seluruh pihak untuk senantiasa mempertahankan keutuhan bangsa serta mempunyai tekad yang sama dalam menjaga pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Kemerdekaan, kedaulatan dan persatuan Indonesia sudah dicapai. Tetapi mewujudkan negara yang adil, makmur, sejahtera, maju dan setara hingga kuat masih harus diperjuangkan," tegas dia.

Deklarasi itu turut diikuti pembubuhan tandatangan komitmen gerakan Nusantara Setara oleh sejumlah anggota DPD RI.

(R028/T. Susilo)

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014