Pontianak (Antara Kalbar) - PT Telkom Cabang Kalimantan Barat menyalurkan dana bergulir melalui program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) triwulan III Tahun 2014 dengan nilai Rp2,7 miliar untuk 91 penerima.


GM PT Telkom Cabang Kalbar Bagus Herdianto di Kubu Raya, Selasa mengatakan, selain menyalurkan dana bergulir, dari PT Telkom juga membantu dalam manajemen serta pengelolaan keuangan dan pelaporannya.


Selain itu,lanjut dia, para penerima dapat memanfaatkan teknologi informasi yang dimiliki PT Telkom untuk memperluas pemasaran melalui internet.


Bagus Herdianto menuturkan, sektor UMKM mempunyai peranan penting dalam sejarah perekonomian di Indonesia. "Ketika terjadi krisis, sektor UMKM yang mampu bertahan dan menopang perekonomian Indonesia," katanya.


Officer I PKBL PT Telkom Wilayah Kalbar Margono menambahkan, sebagian dari penerima dana bergulir triwulan III ini ada di Kabupaten Sintang. "Ada 15 mitra binaan yang berdomisili di Sintang," kata Margono.


Ia mengingatkan kepada para penerima bantuan untuk memanfaatkan dana yang diperoleh sesuai usaha yang diajukan.


Kepala Unit Pelatihan Industri Kecil Menengah Disperindag Provinsi Kalbar, Subaidi mengatakan, pemerintah siap membantu memfasilitasi UMKM yang ingin mengembangkan usaha atau memperluas jaringan pemasaran.


"Ada Bidang Perdagangan Luar Negeri, kalau ingin memasarkan produk hingga ke Malaysia. Kalau antarpulau, ada Bidang Perdagangan Dalam Negeri," ujar Subaidi.


Pada triwulan II Tahun 2014,dana yang dikucurkan sebesar Rp3,2 miliar untuk 102 penerima.


Sedangkan triwulan I tahun 2014 sebesar Rp2,1 miliar untuk 61 penerima.


Mereka tersebar di tujuh bidang, mulai industri, perdagangan, perkebunan, pertanian, peternakan, jasa dan perikanan.


***2***

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014