Sungai Raya (Antara Kalbar) - DPRD Kabupaten Kubu Raya mengharapkan peran aktif dari penyuluh lapangan yang ada di sembilan kecamatan di kabupaten tersebut untuk meningkatkan hasil pertanian dan perikanan di kabupaten itu.

"Keberadaan tenaga penyuluh pertanian, perkebunan, dan perikanan merupakan pilar utama untuk kelancaran berbagai program yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Berdasarkan hal tersebut, kita akan terus pengembangan jaringan mitra kerja dalam memenuhi kebutuhan mencetak tenaga penyuluhan handal," kata Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Suprapto, di Sungai Raya, Selasa.

Untuk mencapai hal tersebut, dia menuturkan dibutuhkan sinergis berbagai pihak supaya kerja sama dan gerakan saling mendukung dapat dihasilkan, karena, jaringan mitra kerja merupakan tuntutan kebutuhan yang tidak bisa terelakkan dan merupakan komponen atau faktor pendukung keberhasilan berbagai potensi.

Selain itu, Badan Penyuluhan Kubu Raya harus terus menggelar Pelatihan Manajemen Penyuluhan kepada para penyuluh di setiap kecamatan dan desa yang ada di Kubu Raya.

"Dengan adanya penyuluhan, kegiatan itu diharapkan dapat membekali para penyuluh di lapangan dengan kemampuan yang lebih mapan, demi tercapainya program yang telah dicanangkan oleh Pemkab Kubu Raya," tuturnya.

Selain itu, dia juga meminta Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk memperkuat permodalan petani dengan memberikan pola pendampingan modal agar para petani bisa memperluas area pertanian dan meningkatkan hasil tani mereka.

"Pemerintah Kabupaten Kubu Raya harus terus berupaya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat Kubu Raya dengan pola Ekonomi Kerakyatan, seperti yang telah dilakukan selama ini, namun harus terus ditingkatkan" katanya.

Menurut dia, pola itu dirasa sangat tepat dikembangkan di Kubu Raya mengingat wilayah Kubu Raya yang sangat agraris, peluang pengembangan pertanian sangat besar.

(KR-RDO/C003)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014