Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menerima secara resmi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang perubahan nama kabupaten dari Pontianak menjadi Mempawah dari Kementerian Dalam Negeri.

"Semoga setelah ini tidak terjadi lagi tertukar nama antara Kota Pontianak dengan Kabupaten Pontianak, sebab namanya sudah sangat berbeda, tidak Kabupaten Pontianak lagi tapi Kabupaten Mempawah," kata Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya saat dihubungi di Pontianak, Jumat.

Ia mengapresiasi dan menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pihak dan warga Kabupaten Mempawah yang telah mendukung perubahan nama tersebut.

PP Nomor 58 Tahun 2014 itu diserahkan bersamaan dengan perubahan nama Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud di Sulawesi Utara menjadi Kabupaten Kepulauan Sangihe, dengan PP No. 59 Tahun 2014.

Sementara Bupati Mempawah Ria Norsan mengatakan perubahan nama Kabupaten Pontianak menjadi Kabupaten Mempawah sudah dicita-citakan sejak pemekaran yang pertama yakni Kabupaten Landak hingga pemekaran yang kedua Kabupaten Kubu Raya.

"Kabupaten induk masih saja dengan nama Kabupaten Pontianak, maka dengan berubah namanya menjadi Kabupaten Mempawah yang namanya sesuai dengan Kerajaan Mempawah," ujar dia.

Ia berharap, seiring perubahan nama tersebut, masyarakat Mempawah makin semangat lagi dalam menyukseskan pembangunan serta semakin maju, mandiri dan jaya.

Penyerahan tersebut bertepatan dengan Rapat Koordinasi Nasional Pembinaan dan Sosialisasi Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri ke-II tahun 2014 yang berlangsung di Golden Boutique Hotel Jakarta, Kamis, (9/10).

Mendagri Gamawan Fauzi pada kesempatan itu meresmikan sebanyak 9 bangunan sarana dan prasarana wilayah perbatasan antarnegara di beberapa provinsi, kota dan kabupaten. Salah satunya Kabupaten Sanggau yang menerima bantuan Gedung Kantor Badan Pengelola Perbatasan Kabupaten Sanggau.

Kabupaten Mempawah berbatasan langsung dengan Kota Pontianak, Kabupaten Landak, dan Bengkayang. Ibu kotanya Mempawah, dengan jarak sekitar 87 kilometer di sebelah utara Kota Pontianak.

***1***



Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014