Sanggau (Antara Kalbar)- Bupati Sanggau Paolus Hadi S Ip M Si meminta agar umat Katolik di Kabupaten Sanggau untuk tidak berpangku tangan dalam mewujudkan gereja untuk kepentingan bersama.

"Untuk memakmurkan gereja, umat harus saling bahu membahu. Ini demi untuk kepentingan bersama," ujar Hadi di Sanggau.

Ditambahkan Hadi, sebagai perwakilan pemerintah dirinya sangat mendukung pembangunan rumah ibadah. Namun untuk bantuan hanya dapat diberikan satu kali  dan tidak dapat berturut-turut, khusus satu rumah ibadah. Soalnya Pemkab Sanggau juga harus memperhatikan rumah ibadah lainnya.

Salah satu yang tengah dibangun adalah Gereja Hati Kudus di Batang Tarang, yang peletakan batu pertama pembangunan dilakukan pada Minggu(12/10).
Hadir dalam kesempatan itu, Uskup Sanggau Yulius Mencuccini CP, Ketua TP PKK Ny Arita Apolina Hadi S Pd, M Si.

Dalam hal ini, kata Hadi, Pemkab Sanggau sangat bangga dan menyambut baik atas gagasan pembangunan  gereja tersebut,  demi mewujudkan salah satu brand image Sanggau yaitu Sanggau Budiman (berbudaya dan beriman).

"Nah, bagaimana kita bersama-sama meningkatkan ketaqwaan dan keimanan umat. Tentu salah satunya dengan rajin datang ke rumah ibadah," tutur dia.

Disamping itu Hadi juga mengimbau, jika umat ingin membangun sebuah gereja, hendaknya konsultasi terlebih dahulu dengan Uskup Sanggau.

Sementara ketua panitia pembangunan Gereja Hati Kudus, Batang Tarang, Cenghin mengungkapkan, gereja yang ada sekarang sudah tidak mampu menampung jemaat.

Untuk itu pihaknya berkomitmen membangun gereja yang baru, dengan membutuhkan biaya sekitar Rp3,5 miliar lebih. "Saat ini kita telah mendapat bantuan dari Pemprov Kalbar sebesar Rp1,5 miliar. Jadi masih kekurangan sekitar Rp2 miliar. Untuk itu diharapkan peran serta dan partisipasi umat, karena gereja ini milik kita bersama," papar dia.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014