Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kabupaten Kubu Raya meminta kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) untuk berperan aktif dalam memasarkan produk asli daerah.

"Dengan memasarkan produk asli daerah ke tingkat nasional maupun kabupaten/kota di Kalbar ini maka secara otomatis perekonomian masyarakat akan meningkat. Untuk itu saya minta pengurus Dekranasda yang saya kukuhkan hari ini fokus melihat potensi sumber daya alam yang ada," kata Rusman Ali saat pengukuhan Dekranasda Periode 2014-2019 Kabupaten Kubu Raya, di Gardenia, Selasa.

Untuk memasarkan produk asli daerah, kata dia, diharapkan Dekranasda lebih banyak melakukan pameran di daerah sendiri. Dengan adanya pameran yang dilakukan maka dengan mudah juga masyarakat kita mengetahui apa saja kerajinan serta produk yang menjadi unggulan di kabupaten itu.

Selain itu, Rusman mengatakan Dekranasda yang ada ini dapat bekerja sama dengan pemerintah sehingga dapat bersaing dengan kabupaten/kota di Kalbar.

"Keberadaan Dekranasda Kubu Raya sudah ada sejak lama, dan merupakan mitra pemerintah dalam mengembangkan produk pemerintah. Tapi hingga saat ini masih belum optimal keberadaannya dan perlu adanya penggalian budaya daerah dan kerajinan lokal yang ada," katanya.

Dia mengatakan, di Kubu Raya ini ada 118 desa. Dari 118 desa yang ada itu memiliki potensi sumber daya alam yang berbeda-beda.

"Untuk mengembangkan potensi yang ada di Kubu Raya ini perlu dukungan dan dorongan dari seluruh SKPD, tanpa adanya dorongan dari semua sektor maka potensi sumber daya alam yang ada susah ditemukan sehingga sulit juga untuk memasarkannya," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Dekranasda Kabupaten Kubu Raya Hj. Endang Indrawati Rusman Ali mengatakan bahwa ke depan pihaknya akan memberikan pelatihan kepada seluruh masyarakat Kubu Raya untuk menggali potensi-potensi yang ada.

"Berbagai program untuk ke depan sudah kami rancang dan berbagai produk unggulan juga akan kami kelurahan untuk Kabupaten Kubu Raya ini. Namun, sebelumnya kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada pengurus Dekranasda yang lama, yang mana telah banyak juga mengeluarkan produk unggulan untuk kabupaten ini," katanya.

Pelatihan yang akan diberikan kepada masyarakat, kata Endang merupakan bentuk perhatian pemerintah agar masyarakat yang ada di perdesaan tidak merasa ditinggalkan oleh pemerintah.

"Selama ini peran masyarakat tidak diaktifkan. Maka mulai dari sekarang kita lebih fokus mengaktifkan peran masyarakat dalam menggali potensi sumber daya alam yang ada di kabupaten kubu raya ini, sehingga bentuk kerajinan dan produk dapat dijual dan diterima oleh masyarakat luas," katanya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014