Mempawah (Antara Kalbar) - Bupati Mempawah Ria Norsan mengatakan untuk mewujudkan pemberdayaan masyarakat yang berkualitas, berdasarkan rencana strategis 2010 - 2014 yang dijabarkan dalam rencana kerja pemerintah 2014, perlu disusun berbagai kebijakan dan terobosan dalam pembangunan kependudukan dan keluarga berencana di Kabupaten Mempawah.

“Sebab untuk dapat  hidup sejahtera keluarga tidak hanya membutuhkan pangan. Tapi keluarga juga memerlukan perumahan, pendidikan, kesehatan dan   masa  depan,” kata Norsan, dis ela kegiatan pencanangan kesatuan gerak PKK KB kesehatan Kabupaten Mempawah 2014.

Bupati Ria Norsan menerangkan sesuai dengan tema kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan Kabupaten Mempawah "melalui kesatuan gerak PKK KB Kesehatan kita satukan langkah menyongsong keluarga sehat, sejahtera", maka dengan banyaknya  kebutuhan sosial nasional (SJSN) BPJS kesehatan sehingga berpengaruh pada sistem pelayanan KB dilapangan. “Masalah kependudukan dan keterkaitan dengan pembangunan harus dilihat secara komprehensif dan lintas sektoral pemerintah daerah menyadari itu, karena itu pemerintah daerah Kabupaten Mempawah memberikan perhatian   yang besar terhadap program keluarga berencana nasional dan program kesehatan,” ujarnya.

Bupati Ria Norsan juga memberikan apresiasi atas pelayanan kesehatan masyarakat yang rutin di rumah sakit, puskesmas atau klinik KB dan Polindes, kegiatan pelayanan KB dan kesehatan di lapangan yang juga sering dilakukan guna pelayanan KB dan kesehatan kepada masyarakat secara mudah bahkan gratis, seperti yang dilakukan pada kegiatan kesatuan gerak PKK Kabupaten Mempawah dan dinas terkait.

Menurut Bupati Ria Norsan pencapaian peserta KB baru Kabupaten Mempawah sampai dengan Oktober 2014 yakni mencapai 4.574 atau 84 persen. Pencapaian peserta KB Aktif (PA) sebesar 34.412 akseptor atau 70.33 persen, dengan jumlah pasangan usia subur (PUS) sebesar 48.929. Untuk kegiatan PKK KB kesehatan Kabupaten Mempawah 2014 peserta KB baru (PB) yang akan dicapai sejumlah 1499 akseptor.

“Saya juga apresiasi khususnya akseptor KB yang selama ini telah banyak memberikan kontribusi terhadap keberhasilan program KB nasional di Kabupaten Mempawah. Semoga apa yang selama ini kita kerjakan menjadi ibadah kita semua, dan kerjasama ini dapat terus terjalin dengan baik dimasa yang akan datang,” kata Bupati.
 

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014