Mempawah (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mempawah, Imansyah, mengatakan 70 persen potensi perairan umum secara nasional yang layak dikembangkan sebagai penopang kehidupan masyarakat berada di Pulau Kalimantan. Salah satu potensi perairan umum tersebut yakni sungai Mempawah yang ada di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

“Namun disayangkan, saat ini fungsi perairan umum sungai Mempawah diketahui memprihatinkan yang rentan tercemar dengan aktifitas pertambangan emas tanpa ijin (PETI), pembuangan limbah industri dan limbah rumah tangga maupun racun tuba,” kata Imansyah.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Mempawah, Imansyah mengajak masyarakat sadar pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem dan kelestarian sungai Mempawah sebagai salah satu sumber kehidupan dan pendapatan masyarakat.

“Melalui 'restocking' di sungai Mempawah ini kami mengajak masyarakat untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan populasi atau biota ikan sebagai stock pangan sekaligus pemanfaatannya bagi masyarakat,karena itu kita imbau masyarakat tidak mencemari sungai dengan membuang sampah, apalagi meracuni sungai dengan tuba,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Budidaya DKP Kabupaten Mempawah, Siswoyo menerangkan potensi perairan umum sungai Mempawah saat ini sekitar 10 persen pemanfaatannya. Dengan menebarkan benih ikan sebanyak seratus 41. 428 ekor yang terdiri dari bibit ikan nila, jelawat dan ikan patin tersebut di sungai Mempawah diharapkan masyarakat merasakan manfaatnya.

”Khususnya dalam pemenuhan pangan yakni gizi dan nilai tambah bagi masyarakat sekitar,” ungkap Siswoyo.

Sekretaris Daerah Mempawah Mochrizal mengapresiasi program dinas DKP yang dinilai memiliki komitmen menjaga ekosistem dan upaya pelestarian sungai Mempawah. “Restocking ini tentu harus kita lanjutkan kedepannya. Harapa kami pemerintah daerah tentu menginginkan peran aktif investor, dunia usaha dan jasa serta masyarakat berpartisipasi melakukan hal serupa secara sinergis dan berkelanjutan,” ujar Mochrizal.

Sekda Mempawah Mochrizal menegaskan sungai Mempawah merupakan potensi sumberdaya alam daerah yang menjadi penopang kehidupan masyarakat. Selain itu menjadi potensi meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) yakni melalui PDAM Tirta Galaherang Mempawah dan potensi wisata daerah yang layak untuk dikembangkan kedepannya.

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014