Singkawang (Antara Kalbar) - Untuk meningkatkan jiwa korsa, kerjasama dan kekompakan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang menyelenggarakan outbound bagi seluruh aparaturnya, bertempat di kawasan kebun sawit Pamilang Kecamatan Singkawang Selatam, Rabu (17/12).

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, Sumastro, mengatakan kegiatan outbound diselenggarakan yang pertama kali, dalam pelaksanaannya dikerjasamakan dengan pelatih dari Koramil Kota Singkawang Pelda Karmin dengan timnya, dan ditunjang dari Dinas Kesehatan sebagai tim medis serta aparatur di Bagian Humas Protokol Sekretariat Daerah dan Dinas Tata Kota Singkawang.

“outbound ini pertama kali diselenggarakan di Dishubkominfo Kota Singkawang, dan untuk tahun-tahun yang akan datang penyelenggaraannya akan kita tingkatkan. Berdasarkan pemantauan seluruh aparatur bisa mengikuti kegiatan dengan baik, dan tidak ada satupun yang mengalami cidera. Selanjutnya akan kita evaluasi, dan hasilnya akan kita jadikan bahan dalam pembenahan untuk kegiatan berikutnya,” kata Sumastro.

Lebih lanjut Sumastro menegaskan outbound ini diselenggarakan dalam upaya memberikan pembinaan kepada aparaturnya, dan bertujuan antara lain untuk melatih kemampuan seseorang terutama menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang mungkin selama ini tidak Nampak yang dimiliki aparatur, melatih kerjasama  dalam tim, melatih menyeimbangkan kemampuan analisa dan pola pikir dengan menggunakan otak kiri dan otak kanan, meningkatkan kemampuan dan kematangan kedewasaan aparatur di dalam mengambil keputusan, menumbuhkan arti penting kehidupan kebersamaan serta untuk refreshing atau fun bagi aparatur Dishubkominfo setelah satu tahun bekerja keras memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Banyak manfaat yang bisa dipetik dibalik kegiatan Outbound yang kita selenggarakan, tapi yang terpokok adalah memupuk jiwa korsa, kekompakan dan kerjasama antar aparatur di Dishubkominfo. Di Dishubkominfo sudah tertanam jiwa korsa yang tinggi, juga kekompakan dan kerjasama, namun melalui outbound ini diharapkan bisa lebih ditingkatkan lagi, sehingga terbentuk sebuah lembaga dengan aparatur yang memiliki kebersamaan dan kekompakan dalam menunjang terwujudnya visi Dishubkominfo yang berazaskan kedepankan pelayanan dan keselamatan,”  kata Sumastro.

Pelatih Outbound, Karmin, mengungkapkan manfaat outbound yang dikemas dalam bentuk permainan secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja seseorang dalam sebuah lembaga untuk menjadi lebih optimal. Biasanya setelah selesai acara, perlahan-lahan atau secara cepat, pola pikir seseorang akan terbentuk. Hal ini disebabkan metode permainan dalam outbound lebih mudah mengendap dalam alam bawah sadar seseorang.

“Sebagai aparatur dalam outbound ini juga kita selipkan agar peserta selain jiwa korsa, kekompakan dan kerjasama juga kita  sisipi materi yang bisa memupuk kebanggaan sebagai bangsa lndonesia, yaitu melalui yel-yel yang berisi mengobarkan semangat dalam menjaga keutuhan NKRI. Didahului Dishubkominfo ini, diharapkan kegiatan serupa bisa diikuti oleh lnstansi lainnya, karena hal ini sangat positif untuk dilakukan dalam setiap lembaga,” kata Karmin.

Salah satu peserta, Panca, mengungkapkan sebagai aparatur yang tergolong baru di Dishubkominfo Kota Singkawang, dia mengatakan dengan outbound ini memupuk rasa kekeluargaan, persatuan dan kekompakan.

“Sebagai orang baru saya sangat bersyukur dengan diselenggarakannya outbound ini, sehingga keakraban dan kekeluargaan bisa saya rasakan, dan tidak ada perasaan sebagai orang baru lagi. Ke depan kami masih berharap kegiatan serupa masih diselenggarakan lagi, dengan tempat yang berbeda, permainan yang penuh makna yang lebih menantang, dan persiapan yang lebih matang. Walaupun kegiatan diselenggarakan dengan persiapan yang cukup mendadak, namun semua bisa berjalan dengan baik dan lancar karena kekompakan seluruh aparatur di Dishubkominfo,” ungkap Panca.

Pewarta: MC Singkawang

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014