Jakarta (Antara Kalbar) - Kepala Divisi Pengelolaan Uang Keluar Bank Indonesia (BI) Sandra meminta Perbankan untuk tetap menjaga ketersediaan uang tunai di seluruh ATM (Anjungan Tunai Mandiri) khususnya menjelang Natal dan akhir tahun 2014.

"Perbankan juga diminta untuk memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat yang memerlukan jasa pembayaran tunai maupun non tunai," katanya di Jakarta, Rabu.

Menurut Sandra, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan uang menjelang Natal dan akhir tahun karena persediaan BI lebih dari mencukupi untuk memenuhi kebutuhan yang dimaksud.

"Masyarakat diminta untuk selalu cermat dan teliti dalam melakukan transaksi tunai dengan selalu memperhatikan ciri keaslian uang Rupiah (Ingat 3D: Dilihat, Diraba, Diterawang)," ujarnya.

Dia menuturkan dalam mengemban misi untuk memenuhi kebutuhan uang dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan sesuai, tepat waktu serta dalam kondisi layak edar, BI senantiasa mempersiapkan kebutuhan uang tunai bagi masyarakat dan perbankan sepanjang tahun.

"Terlebih lagi pada saat menjelang hari raya Natal dan akhir tahun dimana terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai oleh masyarakat dan perbankan," katanya lagi.

Dia menjelaskan dalam melayani kebutuhan penukaran uang dalam rangka Natal dan tahun baru 2014, Bank Indonesia dalam hal ini Departemen Pengelolaan Uang, menyediakan layanan penukaran sebagaimana yang senantiasa dilakukan melalui mobil kas keliling dan layanan penukaran bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014