Pontianak (Antara Kalbar) - PT Telkom Wilayah Kalimantan Barat memberi pelatihan tentang pemanfaatan teknologi informasi bagi mitra binaan dari kalangan usaha mikro, kecil dan menengah.

Menurut General Manajer PT Telkom Wilayah Kalbar, Bagus Herdianto di Pontianak, Jumat, melalui pelatihan tersebut diharapkan mitra binaan dapat memperluas pasar.

"Tidak hanya terpaku dengan pasar lokal saja," ujar Bagus Herdianto.

Ia melanjutkan bahwa di era teknologi seperti saat ini, teknologi informasi dapat dimanfaatkan lebih luas oleh pelaku usaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ia mencontohkan, petani di Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, selama ini hanya menjual hasil lahannya ke Kota Pontianak dan sekitarnya.

"Dengan teknologi, seluruh dunia dapat melihat apa yang dijual dari Rasau Jaya," kata Bagus Herdianto.

Pelatihan tersebut digelar mulai Rabu (17/12) selama dua hari dengan memanfaatkan broadband learning centre yang terletak di markas Komando Batalyon 465 Paskhas TNI AU Pangkalan Udara (Lanud) Supadio.

Ia menjelaskan ada tiga sesi pelatihan, masing-masing sesi diikuti 20 orang peserta. Mereka dilatih misalnya cara memasarkan produk melalui website, membuat email, website sendiri, hingga penawaran ke konsumen.

Materi pelatihan diberikan oleh kalangan Telkom dan Telkomsel.

Officer I Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Telkom Kalbar, Margono menambahkan, diharapkan setelah ini mereka mampu memasarkan sendiri produk-produk yang dihasilkan.

Salah seorang peserta, Rikku Kusnadi menyambut baik langkah yang dilakukan PT Telkom Wilayah Kalbar.

Mitra binaan Telkom yang mempunyai kebun agribisnis di Kecamatan Rasau Jaya itu kini dapat semakin mengembangkan usahanya.

"Sudah mendapat pinjaman dana murah, juga dilatih teknologi informasi," kata Rikku.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014