Pontianak (Antara Kalbar) - Para pewarta foto (jurnalis foto) di Pontianak mendeklarasikan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pontianak, dan memilih Leo Prima sebagai ketua PFI Pontianak periode 2014-2017.

Acara deklarasi dan pengukuhan pengurus PFI Pontianak, dilakukan dengan di aula Perpustakaan Daerah Kalbar, Minggu, dihadiri sejumlah pewarta foto dari seluruh Kalimantan Barat.

"Organisasi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dan advokasi kepada para pewarta foto, yang rentan menjadi korban dalam menjalankan tugasnya sebagai jurnalis," kata Leo Prima.

Dia menambahkan, selain itu PFI juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas para jurnalis dan calon jurnalis dalam bidang fotografi. "Kami akan mengadakan pelatihan-pelatihan bagi para fotografer yang ingin mendalami fotografi jurnalistik," tambahnya.

Sebenarnya, kata Leo, rencana pembentukan PFI Pontianak ini sudah sejak lama. "Sejak beberapa tahun lalu teman-teman pewarta foto sudah ingin membentuk PFI di Pontianak. Namun karena kesibukan dan beberapa hal lain, termasuk syarat jumlah anggota yang ditentukan pusat, maka hal itu baru dapat dilakukan pada akhir tahun ini," katanya menjelaskan.

Yohanes Kurnia Irawan, sekretaris PFI Pontianak, menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait, organisasi asosiasi profesi terkait, dan mitra kerja lainnya untuk mensosialisasikan hasil Musda pertama PFI Pontianak ini. 

(Jes/N005)

Pewarta: Jessica

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014