Sungai Raya (Antara Kalbar) - Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya menargetkan perbaikan 140 bangunan sekolah dasar di seluruh Kubu Raya pada tahun anggaran 2015.



"Kita sudah melakukan pendataan dan sedikitnya ada 140 bangunan SD yang memang harus segera diperbaiki. Terbanyak berada di daerah kecamatan terjauh, seperti Kubu, Batu Ampar, Teluk Pakedai, Terentang dan Sungai Kakap," kata Kepala Dinas Pendidikan Kubu Raya Muhammad Yunus di Sungai Raya, Rabu.



Ia menargetkan perbaikan sekolah dasar di Kubu Raya pada tahun 2015 bisa tuntas dengan alokasi dana APBD Kubu Raya pada tahun 2015 untuk sektor pendidikan berjumlah Rp89 miliar.



Sebenarnya, kata dia, dari Kementerian Pendidikan pada tahun 2015 sudah ada program untuk perbaikan secara nasional. Oleh karena itu, adanya dana alokasi khusus (DAK) dari pusat dan dana bansos dari kementerian, upaya perbaikan itu akan bisa diupayakan. Selain itu, ada program-program baru yang akan diluncurkan nanti.



Yunus mengatakan bahwa pihaknya sudah menyampaikan pertimbangan kepada Kementerian Pendidikan bahwa IPM Kubu Raya berada di peringkat sepuluh di antara 14 kabupaten/kota yang ada di Kalbar. Selain itu, Kubu Raya sebagai kabupaten baru yang merupakan hasil dari pemekaran tentunya juga membutuhkan banyak pembenahan.



"Yang paling dibutuhkan sekarang untuk rehab. Dari 300-an SD yang ada di Kubu Raya, hampir 50 persen di antaranya membutuhkan perbaikan, terutama sekolah yang berada di pesisir," katanya.



Ia mengatakan bahwa dirinya sering turun ke daerah pesisir mendapati kondisi bangunan sekolah dasar yang harus segera dilakukan pengrehaban.



Selain itu, pihaknya juga merencanakan akan melakukan perbaikan rumah dinas guru, terutama di daerah pesisir agar para guru betah mengajar dan tidak meminta untuk dipindahkan.



Muhammad Yunus menambahkan bahwa saat ini tengah berencana untuk mendirikan sekolah perikanan di Kubu Raya mengingat potensi Kubu Raya dari sektor perikanan cukup besar sehingga sangat dibutuhkan SDM yang handal untuk mengolahnya.



"Saat ini kita sudah bisa lihat potensi Kubu Raya di bidang perikanan. Jika memang memungkinkan, tahun depan akan kita bangun satu sekolah perikanan yang berada di wilayah pesisir," katanya.

Oleh

karena itu, kata dia, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

*

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014