Sekadau (Antara Kalbar) - Bupati Sekadau Simon Petrus mengharapkan pejabat setempat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, sungguh-sungguh, loyalitas dan mampu menguasai segala peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Simon Petrus saat memberikan sambutan pada pelantikan pejabat eselon III da IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau di aula lantai dua Kantor Bupati Sekadau, Jumat.

Pejabat eselon III dan IV yang dilantik sebanyak 73 orang, antara lain eselon IIIa sebanyak 14 orang, eselon IIIb sebanyak 21 orang, eselon Iva sebanyak 38 orang. Satu diantara pejabat eselon IIIa adalah Camat Sekadau Hulu Yanson menggantikan camat lama Y. Bayen yang kini menjabat sebagai sekretaris Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan.

"Bekerja harus sesuai dengan rambu-rambu, jangan membuat aturan sendiri-sendiri. Bila hal ini mampu saudara lakukan maka inilah prestasi yang mampu saudara raih dan saudara layak dipromosi menjadi pimpinan," katanya mengingatkan.

Menurut Bupati, jika bersungguh-sungguh, tanggung jawab dan loyalitas, akan menjadi modal utama untuk dipromosikan.

"Yang paling penting adalah kemauan untuk belajar, saya yakin pekerjaan itu bisa dilakukan," katanya

Simor menambahkan, sebagian besar pejabat eselon III dan IV yang dilantik adalah promosi, dari staf menjadi kasi atau kasubag, dari kasi/kasubag menjadi kabid dan dari kabid menjadi sekretaris.

"Kita beri kesempatan kepada saudara untuk berkarya. Jangan ada yang tersinggung jika ada eselonnya sama tetapi diroling. jika ternyata eselon yang sama disini tidak mampu coba di tempat yang baru, kalau sudah tiga kali tidak bisa, memang orangnya melempem," ujarnya.

Semakin tinggi jabatan, maka tanggung jawab juga semakin besar. Untuk mereka diberikan kesempatan untuk belajar.
 
Di samping itu, bupati juga minta kepada camat untuk bisa menyelesaikan konflik di masyarakat. Camat juga harus bisa berkoordinasi dengan instansi dan lembaga lain di masyarakat.

"Saya tahu ini bukan bidang bapak, tetapi jika bapak mau belajar, saya yakin bisa. Dan ini kebijakan, mengapa camat bukan dari IPDN, kita tahu bahwa kabupaten kita masih baru, untuk mengisi sesuai dengan tamatan IPDN, kita masih minim pegawai, ada juga yang IPDN tetapi di kabupaten juga membutuhkan mereka," katanya lagi.

Untuk itu ia meminta kepada camat supaya belajar pihaknya yakin tugas tersebut bisa dilakukan dengan sungguh-sungguh, tanggung jawab dan loyalitas kepada pimpinan.

Saat pelantikan, Bupati Simon Petrus didampingi Wakil Bupati Sekadau Rupinus. Ikut hadir dalam acara tersebut Dandim 1204 Sanggau, Kapolres Sekadau, pejabat eselon II, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan serta pejabat yang dilantik.  (Gansi/Humas/N005)

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015