Sekadau ( Antara Kalbar ) - Hamparan pasir sisa tambang emas tanpa izin di kawasan Dusun Simpi Kecamatan Belitang Hilir beberapa pekan terakhir mulai menjadi sasaran warga mencari batu untuk diolah kembali menjadi perhiasan.
Kegiatan tersebut seolah mengisi waktu saat sore. Tampak di kawasan sisa PETI ada terlihat 6 orang warga sedang sibuk mencari batu-batu kerikil, bahkan ada yang mengakui sudah beberapa kali dikirim pada kolega di kota Pontianak.

"Sore gini daripada tak ada yang dibuat, bagus jalan sambil-sambil cari batu, mumpung banyak dan gratis," ungkap Agung seorang warga Mempawah yang tinggal di Sungai Ayak.

Dirinya mengatakan, jika daerah lain mungkin kesulitan mencari batu kerikil, di wilayah itu masih mudah. "Daripada bingung di rumah, bagus jalan ke sini nyari-nyari batu. Syukur juga dapat yang bagus," ungkap pria yang bertugas disalah satu insantsi vertikal.

Sementara itu ditempat yang sama, Busau seorang warga Dusun Tanjung pun mengatakan hal yang senada. Ia sejak awal Januari kemarin hampir setiap sore jalan ke daerah sini. Pria yang sudah memiliki cucu itu pun mengaku batu yang didapatinya sudah beberapa kali dikirimkan ke kawan di Pontianak.

"Ada yang sudah saya kirim ke teman di Pontianak. Kita nyari iseng aja, daripada tak ada yang dibuat sore hari. Yang saya pakai, ada satu dua buah batu yang didapati di kawasan sini," tutupnya.

Pewarta: Gansi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015