Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali meminta kepada pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten Kubu Raya untuk membantu program pencegahan peredaran narkoba dengan memberikan penyuluhan kepada seluruh anggota pramuka yang ada di kabupaten itu.

"Presiden Jokowi saat ini terus menggiatkan gerakan anti narkoba karena peredarannya sudah sangat mengkhawatirkan. Makanya kita harapkan Pramuka bisa memberikan kontribusi dalam pencegahan peredaran narkoba di Kubu Raya," kata Rusman Ali saat upacara pelantikan pengurus Kwarcab Pramuka Kubu Raya di Sungai Raya, Rabu.

Rusman Ali menegaskan komitmen gerakan pramuka sangat tinggi terhadap pembentukan karakter bangsa yang lebih baik, selain itu peranan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal tujuan utamanya adalah untuk membentuk kaum muda berkarakter, menanamkan semangat kebangsaan dan meningkatkan keterampilan.

"Pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda Indonesia, dituntut dapat lebih dalam berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Makanya saya minta agar seluruh anggota pramuka di Kubu Raya bisa menjadi agen perubahan demi kondisi kabupaten inu yang lebih baik, dengan memberdayakan potensi yang ada di dalam tubuh Pramuka itu sendiri," tuturnya.

Dia juga mengharapkan agar Pramuka harus menjadi agen perubahan, dimulai dari menciptakan perubahan di lingkungannya sendiri, kemudian menciptakan perubahan dalam skala yang lebih besar lagi.

Dalam pelantiakan pengurus majelis pembimbing cabang dan pengurus kwartir cabang gerakan pramuka Kubu Raya masa bhakti 2014-2019 diaula kantor bupati kubu Raya tersebut, Kwartir Daerah kalimantan Barat Suryadi mengatakan kwartir cabang gerakan pramuka Kubu Raya merupakan pintu gerbang pramuka di Kalimantan barat dan diperlukan konsep Pramuka yang jelas sehingga pramuka di Kubu Raya menjadi barometer aktifitas pramuka dikalimantan barat.

"Dukungan Finansial organisatoris maupun material dar bupati Kubu Raya selaku ketua majelis pembimbing sangat diharapkan. Kita harapkan peran pemkab Kubu Raya bisa bersinergi dengan kepengurusan Kwarcab Pramuka yang telah terbentuk di Kubu Raya dan bisa menghidupkan kembali gerakan pramuka di kabupaten ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kubu Raya Shabriandi mengatakan sebagai langkah awal pada kepengurusan pihaknya akan lebih difokuskan pada pelatihan untuk Panegak dan Pandega agar bisa memberikan kontrobusi kepada pendidikan bagi pramuka pemula.

"Gerakan Pramuka didirikan sebagai wadah pembinaan generasi muda yang bertujuan kearah pembentukan dan peningkatan kualitas manusia, berkperibadian, cerdas serta bertanggungjawab pada kelangusungan pembangunan bangsa. Makanya kita juga berkomitmen untuk bisa berkontribusi dalam pembangunan di Kubu Raya melalui pembentukan karakter generasi muda di Kubu Raya," katanya.


Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015