Pontianak (Antara Kalbar) - Menyambut Hari Raya Nyepi, umat Hindu menggelar ritual Melasti pada Minggu, pukul 10.00 - 12.30 WIB di Pantai Kijing, Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah.

Menurut Ida Sri Resi Duko Putra Bandem Kepakisan, selaku Pandite acara ritual Melasti yang juga Ketua PHDI Kalimantan Barat, Melasti merupakan ritual pertama umat Hindu sebelum menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937, pada Sabtu 21 Maret mendatang.

Melasti sendiri bertujuan membersihkan alam semesta dari segala macam kotoran baik yang dilakukan oleh manusia maupun oleh makhluk jahat lainnya.

Selain untuk membersihkan alam semesta, Melasti juga untuk membersihkan diri manusia itu sendiri, dari sifat-sifat jahat baik yang merugikan diri sendiri, orang lain maupun alam semesta. Sebelum melakukan ritual Melasti, seluruh umat Hindu yang hadir terlebih dahulu membasuh kaki mereka di bibir pantai.

Setelah itu sesajen yang mereka bawa diberi air doa pemberkatan oleh pandite. Kemudian sebagai simbol pembersihan alam dan sifat-sifat jahat manusia, maka dilepaskan dua ekor ayam dan itik di lautan. Setelah ritual Melasti dilakukan seluruh umat Hindu yang hadir mendapat siraman air doa dari pandite, agar seluruh umat Hindu yang hadir mengikuti ritual Melasti ini mendapat keberkahan. (Mawardi/N005)

Pewarta: Mawardi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015