Sekadau (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Sekadau Rupinus menyatakan lomba desa dapat dijadikan sebagai momentum ajang evaluasi dan berbenah diri bagi pemerintah desa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.
   
"Profil desanya disiapkan, kenalkan ke pihak luar supaya orang luar tahu potensi yang ada di desa masing-masing," kata Rupinus saat mengunjungi Desa Rawak Hilir, di Sekadau Hulu.
   
Kecamatan Sekadau Hulu menunjuk Desa Rawak Hilir sebagai perwakilan untuk tampil pada pentas lomba desa tingkat kabupaten.
   
Rupinus melanjutkan, lomba desa merupakan program nasional yang bertujuan sebagai wadah untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah dan pemerintah daerah bersama masyarakat desa dan kelurahan. "Karena itu, saya ingin ini tidak sekedar seremonial saja. Pelayanan kepada masyarakat tetap harus optimal," tegas Rupinus.
   
Penilaian lomba desa dilakukan secara obyektif dengan melibatkan tim profesional yang ahli di bidangnya. Ada beberapa indikator penilaian lomba desa seperti sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan hingga pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK).
   
Saat berkunjung, iring-iringan tarian tradisional seperti japin, kondan, hingga pertunjukkan pencak silat diperagakan oleh anak-anak sanggar di Rawak untuk menyambut kedatangan Rupinus yang siap mencalonkan diri sebagai Bupati Sekadau 2015-2020 itu.
   
Sementara Kepala Desa Rawak Hilir Abdul Azis menyatakan sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi lomba desa. "Persiapan-persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari dan Desa Rawak Hilir bertekad menjadi juara dalam lomba desa tingkat kabupaten Sekadau," kata dia.
   
Camat Sekadau Hulu, F Yangsun  mengharapkan, lomba desa bisa menjadi pemicu agar pemerintah desa lebih bersemangat dalam membangun desa dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Yangsun juga berpesan agar Pemdes Rawak Hilir mengembangkan potensi yang ada di wilayah mereka.
   
"Areal persawahan di Rawak Hilir cukup potensial. Ini bisa dijadikan sektor andalan desa. Lewat lomba desa saya harapkan tiap-tiap pemdes untuk lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tentunya tidak hanya menjelang lomba desa saja, di hari-hari lain pun harusnya begitu," pesan Yangsun.


Pewarta: Humas Sekadau/Gansi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015