Jakarta (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengharapkan pemerintah pusat membantu untuk membangun jalan akses perbatasan.

"Saya mohon bantuan semoga masuk buku biru Bappenas, dari Tanjong Dato sampai Kalimantan Utara betul bisa digunakan dan dibangun jalan perbatasan," kata Cornelis saat Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Pontianak, Selasa.

Dalam Musrenbang itu, ia mengajak semua aparatur pemerintahan untuk menyusun rencana pembangunan daerah dengan kegiatan yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya Kalimantan Barat.

Ia juga menyampaikan harapan bantuan pemerintah pusat untuk mendorong pembangunan pelabuhan internasional.

"Mudah-mudahan bisa terwujud di Mempawah," ujarnya.

Ia juga berharap ada perbaikan pada jalan-jalan negara jangan sampai tidak terpelihara seperti jalan utama Pontianak, jalan Sosok, jalan Bengkayang dan jalan Sintang ke jalan Jasa.

Pangkalan militer di Paloh untuk menjaga Laut Cina Selatan untuk keamanan di wilayah itu perlu ditingkatkan.

"Pangkalan militer yang betul-betul seperti Sandiago, Amerika lengkap, misalnya kita taruh di lahan 10 rb hektare karena Laut Vina Selatan sangat strategis," tuturnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Barat mengatakan penyelenggaraan Musrenbang dimaksudkan untuk menyempurnakan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kalimantan Barat.

Lebih lanjut ia mengatakan Musrenbang itu bertujuan antara lain untuk menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan prioritas dengan sasaran pembangunan nasional.

"Kegiatan ini juga untuk mengklarifikasi usulan program kerja yang disampaikan dan mempertajam indikator dan target pembangunan provinsi," katanya. '

(M052/B. Suyanto)

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015