Putussibau (Antara Kalbar) - DPC PDI Perjuangan Kapuas Hulu siap mengusung bendahara PDIP Kalimantan Barat, Fransiskus Diaan dalam pemilihan kepala daerah akhir tahun ini.
       "Kami mengutamakan kader baik bupati maupun wakilnya," ungkap Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kapuas Hulu Yanto SP, di Putussibau, Rabu.
        Disinggung wacana Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal membuat regulasi pencalonan kepala daerah yang tidak  membolehkan figur keluarga incumben maju, Yanto menegaskan tidak setuju, sebab aturan tersebut secara tidak langsung memotong hak demokrasi seseorang.
        "Tapi saya kira Sis (panggilan akrab Fransiskus Diaan), tidak ada masalah. Karena Sis sebagai menantu (menantu Gubernur Kalbar), dia memang kader terbaik PDIP. Bagi PDIP tidak bicara dinasti, secara jujur itu sudah memotong hak seseorang," tegasnya.
        Sejauh ini, lanjutnya, PDIP belum berspekulasi tentang siapa pendamping Sis. Namun kata Yanto, partainya selalu terbuka untuk berkoalisi dengan partai manapun.
          "Wakil secara formal belum. Namun PDIP tetap mengutamakan kader. Baik yang berasal dari kader maupun parpol yang berkoalisi dengan PDIP," paparnya.
      Seperti diketahui, Sis juga mengambil formulir di Partai Demokrat. Tidak menutup kemungkinan kader Demokrat yang bakal dipinangnya menjadi wakil.
        "Demokrat yang sudah merapat ke kita, yang jelas kita sifat terbuka. Jadi intinya PDIP siap maju, stok kader pasti ada. Bisa dari kader partai. Kita mengusung kader yang terbaik menurut pandangan kita, namun itu relatif menurut penafsiran," imbuhnya.

Pewarta: Andre

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015