Putussibau (Antara Kalbar) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kapuas Hulu mulai mendistribusikan soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat tahun ajaran 2014/2015 yang dijadwalkan berlangsung pada 5-8 April mendatang.
        
Kepala Bidang SMP/SMA Disdikpora Kabupaten Kapuas Hulu, Itoni menerangkan di Putussibau, Selasa, naskah soal untuk Disdikpora Kapuas Hulu tiba Selasa subuh.
      
"Tadi malam datangnya sekitar jam 01.00, kemudian diinapkan di Polres. Hari ini jam 08.00 kita sudah siapkan untuk didistribusikan, diawali BAP penyerahan soal ujian yang dihadiri seluruh kepala sekolah SMP sederajat se Kapuas Hulu," ujar Itoni.
      
Itoni merinci, soal yang dikirim dari provinsi itu tidak hanya mencakup SMP/MTs namun dibagi juga untuk siswa paket B di 6 unit Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se- Kapuas Hulu.
    
Adapun peserta ujian tingkat SMP/sederajat di Kabupaten Kapuas Hulu tahun ini sebanyak 3.668 siswa dengan  109 SMP/MTs sederajad penyelenggara UN.
     
Itoni menambahkan, seluruh sekolah penyelenggara UN harus mengambil sendiri soal di kantor Disdikpora dan diwajibkan berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar dilakukan pengamanan.
     
"Sekolah penyelenggara itu harus ambill sendiri. Untuk sekolah yang jauh harus berkoordinasi dengan polsek setempat. Khusus yang jauh dalam pengamanan soal harus diikuti kepolisian contoh SMPN 2 Silat Hulu," tegasnya.
      
Pengamanan distribusi soal UN untuk Kabupaten Kapuas Hulu oleh jajaran Polda Kalimantan Barat. Petugas yang mengawal UN, IPDA Agus Priyo mengatakan, keamanan naskah soal selanjutnya diserahkan kepada Disdikpora Kapuas Hulu dan berkoordinasi dengan Polres setempat.
    
"Kami hanya sampai sini ngantar soalnya," kata Agus. Ditambahkannya, selain untuk Kabupaten Kapuas Hulu, jajarannya juga mengawal pendistribusian soal UN SMP sederajat untuk Kabupaten Sekadau dan Sintang
      
"Masing-masing kabupaten dikawal dua orang polisi, dari Diknas Provinsi dua orang, LPMP satu orang," pungkasnya.

Pewarta: Andre

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015