Ketapang (Antara Kalbar) – Peserta Ujian Nasional SMPN 1 Ketapang, Rabu, menggelar berzikir bersama di surau sekolahnya.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Ketapang, Erdinan mengatakan kegiatan ini satu di antara persiapan pihaknya untuk murid kelas 3.

“Zikir bersama ini dalam rangka persiapan pelaksanaan UN dan dilaksanakan tiap tahun. Pada UN 2015 ini ada 226 murid dari SMPN 1 yang akan mengikuti UN,” katanya.

Meskipun keputusan kemendikbud bahwa UN sekarang tak menentukan kelulusan karena ditentukan oleh sekolah. Namun khususnya SMPN 1 ini persiapan untuk murid untuk pelaksanaan UN tidak beruabah, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kita memberikan jam pelajaran tambahan dan pendalaman materi. Khsusunya pada mata pelajaran, Bahasa Indonesia, Bahas Inggris, Matematika dan IPA. Agar murid di sekolah ini bisa mendapatkan hasil maksimal pada nilai UN-nya,” Katanya.

Erdinan mengatakan selama empat tahun terakhir murid di SMPN mendapat nilai maksimal untuk tingkat kabupaten. Satu diantara muridnya berhasil meraih nilai tertinggi se-Ketapang. “Semoga tahun ini kita tetap bisa meraihnya,” harapnya.

Khusus zikir menurutnya untuk berdoa kepada Allah SWT. Pihaknya meminta kelancaran dan kesuksesan UN dari Allah SWT. Serta mempersiapkan mental dan menanamkan keimanan murid bahwa penentu kelulusan juga karena disertai Allah SWT.

“Kita berdoa bersama kepada tuhan agar murid diberi kemudahan dan mendapat nilai maksimal. Karena nilai UN bukan sekadar hanya agar lulus. Tapi kita juga berharap hasil UN dapat bersaing di sekolah lain khususnya Ketapang bahkan nasional,"jelasnya.

Ia menambahkan khusus murid non muslim juga dilaksanakan doa sesuai agama masing-masing. “Kepada murid non muslim dimintakan berdoa sesuai kepercayaannya. Mereka dipimpin guru agamanya masing-masing.

Pewarta: John

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015