Pontianak (Antara Kalbar) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat akan melaksanakan beberapa kegiatan untuk memperingati Hari Buruh Internasional pada 1 Mei mendatang.

"Peringatan hari buruh ini dilaksanakan untuk memberikan ruang kondusif bagi para pekerja/buruh agar dapat melaksanakan peringatan dengan positif, aman, tidak anarkis bermanfaat dan penuh kegembiraan baik bagi buruh dan keluarganya. Untuk itu, kita akan melaksanakan berbagai kegiatan untuk memperingatinya," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar M Ridwan di Pontianak, Rabu.

Dia mengharapkan, dengan peringatan hari buruh tersebut dapat membangun rasa kebersamaan, keharmonisan dan keseimbangan antara buruh dengan pengusaha dibawah pengayoman pemerintah.

Menurutnya, hal itu dirasakan perlu untuk meningkatkan kesejahteraan buruh dan produktivitas dalam proses produksi, sehingga tujuan dari pembangunan ekonomi di daerah dapat tercapai.

"Untuk peringatan hari buruh Internasional tahun ini, kita mengangkat tema "Pekerja Sejahtera, Pengusaha Jaya, Produksi Meningkat, Kalimantan Barat Hebat," tuturnya.

Ridwan menjelaskan, pihaknya sudah melaksanakan rangkaian kegiatan sejak tanggal 23 April 2015 dan akan berakhir pada hari Minggu 3 Mei 2015.

"Adapun kegiatan yang telah dan akan kita laksanakan diantaranya, pelaksanaan donor darah dengan target 100 kantong darah, selain itu kita juga telah melaksanakan Talk Show pada beberapa media elektronik," katanya.

Dia menambahkan, untuk menumbuhkan kebersamaan dan keharmonisan antara buruh dan pengusaha, maka sejumlah perusahaan yang memiliki pekerja diatas 50 orang diimbau untuk melaksanakan apel peringatan Hari Buruh Internasional di lingkungan perusahaannya masing-masing.

"Untuk menjaga kebugaran dan menciptakan kegembiraan pada pekerja dan keluarganya, akan dilaksanakan jalan sehat yang rencananya akan diikuti oleh 906 pekerja dari 32 perusahaan yang berdomisili di kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan sekitarnya. Dimana dalam kegiatan Jalan Sehat itu kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis, door prize dan hiburan musik," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015