Sekadau (Antara Kalbar) - Sekitar 600 mahasiswa baru Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura mengikuti kegiatan "study tour" yang digelar selama satu minggu di Kabupaten Sekadau.

Bupati Sekadau Simon Petrus menyambut para rombongan di halaman kantor bupati sekaligus secara simbolis menyerahkan bibit tanaman dan peralatannya kepada mahasiswa. 

"Peduli kepada tanah kelahiran merupakan sikap yang patut diacungi jempol. Apalagi kalau orang lain yang peduli, sudah sepatutnya apresiasi dialamatkan untuk mereka," ungkap Bupati Sekadau, Simon Petrus merujuk pada aksi bakti sosial yang akan digelar peserta.

Menurut Simon, kepedulian para mahasiswa perlu dicontoh dan bisa memotivasi para generasi penerus Kabupaten Sekadau untuk lebih peduli terhadap daerah dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan positif.

"Kami mendukung, dan ini layak dicontoh anak muda Sekadau. Selama melaksanakan kegiatan, agar para mahasiswa mampu menjaga sikap serta lekas beradaptasi dengan masyarakat. Kita juga turut mendoakan agar seluruh rangkaian kegiatan terlaksana dengan lancar, dan yang paling penting jaga kesehatan dan perilaku, dan yang terpenting jaga almamaternya. Saya doakan kegiatannya lancar semua," ujar Simon saat menyambut kedatangan para mahasiswa.

Sementara itu, Pembantu Dekan III Fakultas Teknik Untan Ferry Hadari mengatakan, jika study tour itu sendiri akan diisi dengan aksi-aksi sosial seperti membersihkan lingkungan perkantoran pemerintah, rumah-rumah ibadah, pengabdian pada masyarakat, pembuatan monumen Kota Sekadau, penanaman pohon, seminar daerah, serta akan ada malam hiburan untuk masyarakat Sekadau.

"Para mahasiswa juga akan melakukan kunjungan ilmiah ke beberapa tempat diantaranya PLTD Suak Payung, RSUD Sekadau, Dinas PU Kabupaten Sekadau, pasar baru, dan taman kota.

 Khusus untuk seminar daerah yang dilaksanakan tanggal 7 mei besok, pesertanya akan melibatkan para pelajar SMA/SMK dengan mengambil materi yang masih berkaitan dengan konsep keteknikan," tutupnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015