Sintang (Antara Kalbar) - Bupati Sintang, Milton Crosby mengharapkan dana besar yang sudah digelontorkan pemerintah pusat untuk membangun berbagai fasilitas di Bandara Tebelian bisa dipertanggungjawabkan dengan kualitas pekerjaan yang baik.

"Saya memiliki beban moral terhadap dana yang digelontorkan pemerintah pusat untuk Bandara Tebelian. Saya ingin dengan dana itu, pembangunan fasilitas di bandara ini bisa segera dikerjakan dengan kualitas yang baik dan waktu yang tepat," ujarnya saat meninjau Bandara Tebelian, Rabu.

Menurut Milton, jika pembangunan beberapa fasilitas bisa berjalan tepat waktu, maka dana akan terus masuk ke Bandara Tebelian ini. "Jangan sampai dananya sudah ada tapi kontraktor tidak mampu mengerjakan pembangunan fasilitas bandara," katanya.
 
Dikatakan dia, saat ini proses pembangunan beberapa fasilitas penunjang Bandara Tebelian tidak menunjukan aktivitas yang berarti. Sebab semua pekerjaan sedang dalam proses lelang. Di Bandara Tebelian sendiri, hanya tampak beberapa pekerja sedang melanjutkan pekerjaan yang tidak prinsip. Namun, peralatan dan material terus masuk ke lokasi pembangunan bandara.

"Kami terus memotivasi dan memonitor proses pembangunan ini. Jika ada hambatan akan kami bantu mencarikan solusinya," tegas dia.

Masih kata bupati, saat ini landasan pacu yang sudah selesai dikerjakan sepanjang 1.650 meter. Tahun 2016 nanti landasan pacu bisa mencapai 3 km. Bahkan jika pemerintah pusat mau, Bandara Tebelian memiliki landasan pacu sepanjang 4,2 km. Untuk lahan sudah siap.

Melihat perkembangan pembangunan Bandara Tebelian saat ini, Milton yakin pada 18 Agustus nanti, testflight  bisa dilaksanakan.

Sekarang jaringan listrik sudah tersedia. Para pekerja sudah mulai mengerjakan interior ruang tunggu. Appron juga sudah selesai dibangun. Gedung pemadam kebakaran dan Kantor Administrasi serta perumahan karyawan sudah selesai dibangun. (Faiz/N005)

Pewarta: Faiz

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015