Nanga Pinoh (Antara Kalbar) - Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan atlet dayung Kabupaten Melawi dalam ajang Untan Dragon Boat yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Untan ke-56, tim Dragon Boat Putri Kabupaten Melawi berhasil meraih juara pertama mengalahkan puluhan tim dari berbagai kabupaten/kota.

Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Melawi, Ta’in Iskandar ditemui di Nanga Pinoh, Senin mengatakan, keberhasilan meraih juara 1 dalam ajang lomba dayung ini merupakan yang pertama kalinya didapat dari kategori putri.

"Kalau untuk dragon boat putra, kita sudah biasa dapat juara, seperti saat gelaran di Sintang. Tapi kalau untuk putri, ini yang pertama kalinya diraih," katanya.

Kabupaten Melawi pun berhak membawa piala bergilir piala Rektor Untan tersebut. Prestasi ini, kata pria yang akrab disapa Bang Ta’in ini tentunya sangat membanggakan. Apalagi melihat lawan-lawan yang dihadapi juga termasuk kuat dan sering ambil bagian dalam berbagai lomba dayung di Kalbar bahkan di tingkat nasional.

"Atlet yang kita turunkan hampir semuanya anak-anak muda. Ada yang masih duduk di bangku SMA. Makanya ini adalah hasil yang luar biasa, dan masa depan mereka juga masih sangat panjang," katanya.

Ia menerangkan, persiapan untuk mengikuti gelaran lomba dragon boat Untan tersebut sudah dilakukan sejak dua bulan. Para atlet dayung Melawi dilatih langsung di Sungai Melawi untuk mempersiapkan fisik dan mental.

"Kita sebenarnya juga mengirim atlet dayung putra. Tapi gagal menembus final. Malah tim dragon boat putri yang kemudian mampu sampai ke final dan menjadi juara 1," katanya.

Hasil ini pun setidaknya menunjukkan atlet dayung dari kabupaten Melawi mampu bersaing dengan kabupaten lainnya. Bang Ta’in berharap pembinaan atlet dayung Melawi dapat terus dilakukan sehingga prestasi ini bisa dipertahankan pada tahun mendatang. Termasuk dukungan sarana dan prasarana untuk membina dan melatih atlet dayung Melawi dalam kegiatan selanjutnya.

"Kita berterima kasih pada seluruh pihak yang telah membantu dan men-support kami dalam even lomba Dragon Boat Dies Natalis Untan. Harapannya, tentu pembinaan ini dapat terus berlanjut dengan dukungan Pemkab Melawi serta pihak terkait lainnya, termasuk jajaran KONI," katanya.

(Ekos/N005)

Pewarta: Eko S

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015