Sungai Raya (Antara Kalbar) - Puluhan Pedagang Kaki Lima dan pelaku usaha kecil yang berjualan pada stand pameran pada kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK, Hari Pangan Sedunia, Hari Krida Pertanian Nasional dan dua agenda provinsi lainnya yang dilaksanakan di Kubu Raya meraih untung jutaan rupiah selama kegiatan tersebut.

"Alhamdulillah, selama tiga hari kegiatan ini, kami meraih untung hingga jutaan rupiah. Kami harap kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan untuk mempromosikan produk kami," kata salah satu pelaku usaha kecil Kubu Raya, Mujiono di Sungai Raya, Sabtu.

Dia mengatakan, berbagai produk olahan makanan dari hasil pertanian yang dijualnya selama kegiatan itu laris manis. Pasalnya pengunjung yang datang ke stan tidak hanya membeli produk mereka secara eceran, tetapi banyak juga yang memesan kiloan.

"Kalau seperti ini, produk yang kami jual bisa lebih dikenal oleh pembeli. Mudah-mudahan saja usaha kami semakin maju," tuturnya.

Tidak hanya Mujiono, para PKL lainnya seperti Vera, Miswardiana, Ibu Karina, Nurhayani, juga mengungkapkan bahwa selama kegiatan tersebut dia bisa meraup keuntungan tiga kali lipat dari biasanya dia berjualan di tepi jalan.

Ia merasa sangat senang sekali dengan adanya kegiatan besar seperti ini di Kubu Raya karena membawa keberuntungan tersendiri bagi mereka untuk berjualan dan peluang untuk menjual barang dagangan yang lebih banyak juga terbuka.

"Kami pedagang kaki lima sangat senang sekali apabila ada kegiatan-kegiatan besar seperti ini dilaksanakan di Kubu Raya, apalagi ini kan kegiatannya se kalimantan Barat, jadi kami bisa berjualan dan jualan kami bisa laku banyak," tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan Ibu Karina, Ia mengatakan pihaknya juga sangat mengapresiasi Bupati Kubu Raya sekarang, bagi mereka Kepemimpinan Rusaman Ali-Hermanus sangat jauh berbeda dari sebelumnya.

Menurutnya selama ini tidak pernah ada kegiatan sebesar ini di Kubu Raya, apalagi kegiatan yang diikuti oleh seluruh Kalimantan Barat. Di samping itu ia bersama dengan para pedagang kaki lima lainnya sangat berterimakasih kepada Bupati Rusman Ali yang memberikan mereka tempat dan izin berjualan selama kegiatan tanpa harus menyewa tempat atau stan alias gratis.

Pada kegiatan itu, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat akan menyiapkan 40 tenda untuk PKL yang ada di kabupaten itu dalam lima kegiatan provinsi yang dilaksanakan di Kubu Raya pada 21 hingga 23 Mei.

"Dalam kegiatan ini kita menyiapkan pameran produk UMKM dan kita menyiapkan 40 stan untuk ditempati PKL," kata Plt Sekda Kubu Raya, Nursyam Ibrahim di Sungai Raya.

Dia menjelaskan, lima kegiatan provinsi yang dilaksanakan di Kubu Raya itu diantaranya adalah, kegiatan Hari Pangan Sedunia, Hari Krida Pertanian, Hari Kesatuan Gerak PKK ke 43, Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XII, sekaligus Hari Malaria tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

(KR-RDO/A020)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015