Sukadana (Antara Kalbar) - Kabupaten Kayong Utara dianggap layak untuk menyelenggarakan kegiatan akbar Sail Selat Karimata yang akan digelar pada tahun 2016.
    
Hal itu diungkapkan Asdep IV Kesbang Bidang Pengelolaan Kawasan Tertinggal Kemenkopolhukan, Brigjen Wawan Kestiawan saat kunjungan kerja ke Kayong Utara.
    
Ia berkunjung guna melakukan pemantauan kesiapan Kayong Utara sekaligus sosialisasi tentang Kesatuan dan Kebangsaan di kabupaten tersebut.
    
Dikatakannya, dirinya ke Kabupaten Kayong Utara merupakan penugasan langsung dari Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan guna melihat sejauh mana situasi, keamanan dan keadaan Kayong Utara dari dekat. Terlebih lagi Kayong Utara merupakan daerah otonomi baru.
    
Disampaikannya, di Kayong Utara tingkat kriminalitas sangat rendah. Kalaupun ada, hanya kriminalitas tingkat kecil yang ada di Kayong Utara. Hal tersebut berkat kerja sama semua pihak termasuk peran aktif dari pemerintah daerah seperti program pembangunan yang langsung mengena ke masyarakat.
    
"Tingkat kriminalitas Kayong Utara sangat kecil, sehingga ini menjadi pertimbangan positif, jika terjadi kerawanan keamanan, bisa jadi lokasi pelaksanaan dialihkan ke daerah lain," kata Wawan Kestiawan.
    
"Inilah yang akan kami bawa ke Menteri, bahwa Kayong Utara aman untuk melaksanakan Sail Karimata, dan informasi itu bersumber langsung dari berbagai pihak, TNI, Polri, masyarakat, pemerintah dan saya juga datang sendiri kesini," katanya.
    
Sejalan dengan kelayakan Kayong Utara menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sail Karimata, dirinya juga akan menyampaikan hal-hal lain yang juga menjadi pendukung kelancaran kegiatan sail.
    
Acara yang bertaraf internasional itu harus didukung dengan keberadaan Polres, TNI AL dan kelengkapan lainnya seperti yang terungkap dari harapan masyarakat.
    
"Kita akan dorong ke Mabes Polri untuk percepatan realisasi Polres, juga Mabes TNI," katanya.
    
Bupati Kayong Utara Hildi Hamid menyambut baik kedatangan serta dukungan Kementerian Polhukam akan rencana pelaksanaan Sail Selat Karimata.
    
Kayong Utara saat ini juga telah melakukan berbagai persiapan untuk mensukseskan Sail Selat Karimata sebagai kegiatan besar. Sail sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat terutama percepatan pembangunan infrastruktur.
    
"Pembangunan yang dibangun setelah Sail ini ada manfaatnya untuk Kayong ini, baik untuk Sail Karimata maupun pasca kegiatan," kata Hildi Hamid.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015