Ketapang  (Antara Kalbar) - Potensi wisata yang ada di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat belum memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi masyarakat sekitar karena belum dikelola secara baik dan profesional serta optimal.

"Objek wisata banyak, tetapi belum didukung sarana dan prasarana yang memadai," kata Chandra, warga Ketapang, saat dihubungi di Pontianak, Rabu.

Padahal dari segi lokasi, lanjut dia, Kabupaten Ketapang memiliki banyak pantai, salah satunya Air Mata Permai, yang letaknya tidak jauh dari kota Ketapang.

Selain itu, ujar Chandra, akses jalan yang menuju lokasi wisata baik budaya dan alam sulit ditemui dalam kondisi yang layak.

"Akses jalan yang menuju lokasi, masih banyak yang rusak dan sempit," ungkap Chandra.

Warga lain, Shelvy mengatakan, di sekitar pantai tidak terdapat toilet umum yang memadai, dan masih banyak sampah yang berserakan di area pantai.

"Sehingga wajar kalau wisatawan mengeluhkan dengan kondisi ini, selain tidak adanya fasilitas pendukung seperti tempat duduk, gazebo, tempat sampah dan lainya," ucap Shelvy, ibu dua anak seraya menambahkan dampak akhirnya wisatawan pun enggan berkunjung ke objek wisata.

Di Kabupaten Ketapang, cukup banyak objek wisata yang menawarkan alam dan budaya sekaligus kawanan bermacam jenis hewan seperti orangutan, burung, dan lain-lain.

Selain infrastruktur, kualitas sumber daya manusia pengelola wisata di Kabupaten Ketapang juga perlu terus diperbaiki agar pengunjung betah berlama-lama dan mengulangi kunjungan.

Dengan kondisi yang ada di Kabupaten Ketapang, ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten atau Provinsi segera membantu memperbaiki infrastruktur dan pengelolaan wisata yang baik dan benar.


(T011)

Pewarta: John

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015