Putussibau (Antara Kalbar) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI memperkuat fungsi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari Kabupaten Melawi, Sintang, Sekadau, Sanggau dan Kapuas Hulu, melalui kegiatan bimbingan teknis di Aula Pemkab Kapuas Hulu, beberapa waktu lalu.

Kasubdit Ormas dan Profesi, Kemenkominfo Sukatmi mengungkapkan, Bimtek yang dilakukan kepada sejumlah kelompok informasi itu  bertujuan untuk meningkatkan kapasitas anggota KIM.

"Karena kita sadari bersama bahwa kemajuan teknologi informasi telah memberi banyak perubahan bagi kita bersama. Terjadinya pertukaran informasi di semua level," kata Sukatmi.

Menurut Sukatmi, infomasi telah menjadi bagian penting di semua lini. Untuk itu KIM yang sudah terbentuk perlu diberdayakan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat hingga ke daerah terpencil.

"Kehadiran teknologi menjadikan dunia tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Kalau kita tidak memilah dan memilih informasi yang ada, akan berdampak kontraproduktif," terangnya.

Ditambahkan Sukatmi, KIM sebagai komunitas yang tumbuh di tengah masyarakat diyakini mampu menyediakan informasi yang akurat kepada masyarakat.

Ia menilai, belum maksimalnya pemenuhan informasi di Kapuas Hulu yang notebene daerah perbatasan menjadi persoalan khusus bagi pemerintah daerah setempat.

"Untuk daerah perbatasan kita harus membangun ketahanan informasi dari pengaruh daerah luar. Maka pembenahan infrastruktur perlu dilakukan, dengan optimalisasi dan dukungan dari Pemda untuk memberdayakan KIM," papar Sukatmi.

Pewarta: Andre

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015