Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalbar akan menyiapkan 110 lapak juadah selama bulan Ramadhan yang dibangun di halaman kantor Bupati Kubu Raya untuk UMKM yang ingin berjualan disana.

"Lapak juadah ini akan dibuka selama 25 hari di bulan Ramadhan, yang diperuntukkan bagi UMKM yang ada di Kubu Raya," kata Kabag Humas Pemkab Kubu Raya, Dedi Yardi di Sungai Raya, Selasa.

Dia menjelaskan, lapak juadah Ramadhan itu merupakan inisiatif Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, untuk membantu perekonomian masyarakat Kubu Raya terutama untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah dan ingin turut andil memeriahkan Ramadhan dengan berjualan disana.

Dedi menjelaskan bagi masyarakat yang ingin ikut andil dalam kegiatan itu dapat mendaftar ke Pemkab Kubu Raya mulai dari Senin (15/6) hingga Rabu (17/6). Pendaftaran dilakukan di bagian ekonomi pembangunan lantai dasar kantor bupati.

"Kami berharap masyarakat dapat turut andil pada kegiatan ini, terlebih tidak dipungut biaya bagi masyarakat yang ingin berjualan disini," tuturnya.

Dedy menegaskan meski akan dipersiapkan sebanyak 110 lapak juadah, namun pihaknya akan melihat dan mendata seberapa banyak pelaku UKM yang mendaftar sehingga tidak terjadi kelebihan, karena lapak yang disiapkan nantinya akan disesuaikan dengan jumlah pendaftar.

"Jika yang mendaftarkan tidak mencapai 100 maka akan kami siapkan sebanyak yang diperlukan atau yang didaftarkan saja," katanya.

Lapak yang disiapkan itu, kata Dedi, nantinya tidak hanya dikhususkan menjual makanan atau minuman untuk berbuka puasa saja melainkan diperbolehkan untuk menjual kebutuhan lainnya seperti sembak, pakaian maupun barang dagangan lainnya.

"Jika ada yang ingin berjualan pakaian diperbolehkan yang penting dapat menjaga ketertiban, pedagang jangan merasa khawatir dagangannya tidak laku karena saya yakin momentum ini sangat tepat bagi pedagang nantinya karena pegawai di kantor bupati saja cukup banyak," tuturnya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015