Putussibau (Antara Kalbar) - Jam operasional pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu berkurang selama 30 menit selama bulan Ramadhan, kata Sekretaris Daerah Kapuas Hulu Muhammad Sukri di ruang kerjanya, Jumat.
    
"Jam kerja ada pengurangan. Sekarang masuknya jam 08.00 sampai jam 03.00 Kalau biasanya masuk jam 07.30 pulang jam 03.00. Hari Jumat tetap," ujar Sukri.
   
Sukri menambahkan, surat pemberitahuan oleh Pemkab Kapuas Hulu bahwa adanya pengurangan jam masuk kerja PNS selama bulan puasa itu sudah disampaikan ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) semenjak H-3 jelang puasa. Artinya sejak 18 Juni lalu, semua SKPD sudah harus membatasi jam kerja PNS
    
"Sudah dari kemarin. Tiga hari sebelum puasa sudah kita tandatangan surat edaran ke semua SKPD. Jadi saya yakin semua SKPD sudah mengetahuinya," ujar dia.
    
Sukri melanjutkan, pembatasan jam kerja itu juga tidak baku. Namun ada toleransi waktu bagi pegawai yang memiliki kesibukan, seperti mengantar anak ke sekolah.
    
"Kita toleransi, hanya patokan jam 8. Kita memahami kondisi daerah, karena bagi yang antar anak ke sekolah dan sebagainya," imbuh Sukri. Dijelaskannya, beberapa kegiatan wajib PNS juga tetap harus berjalan. Seperti seluruh SKPD harus melaksanakan apel baik pagi dan sore.
    
"Apel tetap, pagi sore. Karena ini kewajiban untuk menumbuhkan disiplin semua pegawai," tegasnya.
    
"Kita sudah ingatkan supaya selalu melaksanakan apel. Bagi yang kurang itu kita tekankan supaya selalu disiplin. Karena apel bagian dari disiplin," katanya menambahkan.
    
Sukri meminta, meski ada toleransi waktu, namun kinerja PNS di bulan puasa diharapkan tetap maksimal seperti biasanya. Hal itu menurutnya tidak lepas dari ketegasan dari pimpinan masing-masing SKPD dalam mengingatkan para pegawai.
   
"Saya minta kepada kepala SKPD harus selalu memantau kinerja pegawai masing-masing. Adanya bulan puasa harus semangat melakukan kerja. Karena puasa itu baik dilakukan. Apabila kita mengetahuinya, namun banyak yang tidak mengerti. Namun kalau kita ikhlas maka energi kita bertambah," jelas Sukri. Puasa, lanjut dia, mengistirahatkan organ tubuh kita.

Pewarta: Andre

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015