Jakarta (Antara Kalbar) - Kementerian Perhubungan akan menyediakan 20 penerbangan tambahan yang ditawarkan kepada seluruh maskapai pada masa "peak season", seperti mudik Lebaran 2015 dengan syarat maskapai tersebut memberikan lima hingga 15 persen dari tarif batas atas.

"Bagi maskapai yang akan memberikan diskon lima hingga 15 persen dari tarif batas atas, dikasih 'slot' tambahan kalau ada, ya 'first come first serve' (yang pertama mengajukan, yang pertama dapat slot)," kata Jonan di sela-sela rapat koordinasi terkait persiapan Lebaran 2015 di Komisi V DPR, Jakarta, Rabu.

Jonan mengatakan saat ini baru maskapai Garuda Indonesia yang mengajukan penerbangan tambahan dengan diskon tersebut.

Terkait slot, dia mengatakan, akan diserahkan kepada maskapai rute mana yang diincar, namun akan disesuaikan dengan bandara yang dituju karena terdapat bandara-bandara yang kapasitasnya terbatas, seperti Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

"Tergantung mereka (maskapai) yang mengajukan dicocokkan tanggalnya," ucapnya.

Ditemui dalam kesempatan sama, Senior Manajer Humas Garuda Indonesa Ikhsan Rosan mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan untuk menerima tawaran dari Kemenhub tersebut.

Namun, Ikhsan mengatakan pihaknya telah menyediakan 1,61 juta kursi dan dari ketersediaan tersebut telah diberlakukan potongan tarif dari lima hingga 15 persen, terutama untuk rute kembali.

Dia menyebutkan penerbangan tambahan tersebut untuk rute-rute padat, seperti Yogyakarta, Padang dan Denpasar.

"Kita sesuaikan, untuk rute yang banyak peminatnya diskonnya lebih kecil dengan rute yang kurang peminatnya," tuturnya.

Ikhsan mengatakan penerbangan tambahan mulai dilaksanakan dari 9 Juli hingga 23 Juli 2015.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara mengatakan Garuda telah mengajukan delapan penerbangan tambahan untuk rute Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Padang.

"Setiap hari satu-satu, delapan kali Yogyakarta ke Padang juga delapan kali," ujarnya.

Sementara itu, Citilink mengajukan 13 penerbangan tambahan dan sementara ini baru Garuda dan Citilink yang akan memberikan diskon.

(J010/C. Hamdani)

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015