Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menegaskan kepada seluruh sekolah negeri yang ada di kabupaten yang dipimpinnya untuk tidak memungut biaya apa pun saat penerimaan siswa baru nanti.

"Saya tegaskan, tidak boleh ada pungutan apa pun di sekolah-sekolah negeri di Kabupaten Kubu Raya. Jika ada, sekolah yang masih melakukan pemungutan, saya minta agar dilaporkan ke Dinas terkait dan kepada Pemerintah Kubu Raya," kata Rusman Ali saat melakukan Safari Ramadhan di desa Teluk Empening, Kecamatan Terentang, Minggu.

Rusman Ali menyampaikan hal tersebut menanggapi semakin sulitnya ekonomi masyarakat sehingga mempengaruhi terhadap kemampuan masyarakat dalam menyekolahkan anak-anak mereka.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kubu Raya memastikan bahwa tidak boleh ada lagi anak-anak usia sekolah di Kubu Raya yang tidak bisa sekolah. Karena, Dia memastikan, di Kubu Raya tidak ada biaya masuk sekolah bagi anak-anak Kubu Raya khususnya di Sekolah-sekolah Negeri.

"Saya tegaskan bahwa tidak ada biaya masuk sekolah Negeri, baik SD, SMP dan SMA/K di Kubu Raya, ini komitmen kita, bahwa target kita tidak boleh ada lagi anak-anak Kubu Raya yang putus sekolah atau tidak sekolah. Jika ada sekolah-sekolah Negeri yang menarik iuran warga laporkan kepada Saya," tegas Rusman Ali di hadapan masyarakat Empening.

Rusman Ali, menegaskan, di samping gratisnya biaya pendidikan di Kubu Raya, Pemerintah masih akan memberikan beasiswa bagi pelajar-pelajar yang berprestasi untuk melanjutkan sekolahnya dari semua kecamatan di Kubu Raya.

Hal itu dilakukan oleh Rusman Ali-Hermanus dalam pemerintahannya adalah dalam upaya mewujudkan masyarakat Kubu Raya yang memiliki daya saing dengan berpendidikan maka anak-anak Kubu Raya akan jauh lebih hebat ke depan.

"Ini komitmen kita, saya dan pak Hermanus berkomitmen bahwa semua anak-anak kita di Kubu Raya yang usia sekolah harus sekolah, makanya kita gratiskan sekolah khususnya sekolah Negeri, tidak boleh lagi ada biaya-biaya apa-apa di sekolah-sekolah Negeri. Di samping kita perlahan terus memajukan infrastruktur pendidikan kita di Kubu Raya, kita juga menjamin anak-anak Kubu Raya harus sekolah," tuturnya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015