Sambas (Antara Kalbar) - Mengatasi keluhan masyarakat atas pemadaman listrik bergilir di Sambas dan sekitarnya,  PLN Rayon Sambas akan mengupayakan realiasasi gardu induk (GI) di Jalan Saing Rambi beroperasi sebelum Lebaran ini.
"Kita akan mengupayakan langkah-langkah percepatan GI sebelum Lebaran ini," ujar Manajer PLN Rayon  Sambas, Apreza Pasyha.
Ia mengatakan setelah adanya pertemuan dengan berbagai pihak diantaranya pemda dan aparat yang kemudian menyatakan dukungan langkah terhadap PLN dalam percepatan GI ini.
Dengan beroperasinya GI nanti diharapkan dapat meminimalisasi pemadaman listrik yang saat ini sering terjadi.
"Tapi dengan beroperasinya GI nanti bukan berarti pemadaman tidak ada, tapi bisa diminimalisasi,"jelasnya.
Hal ini lantaran sistem GI ini nantinya akan terintegrasi dengan sistem dari Pontianak. "Sehingga daya listrik terhubung dengan sistem Pontianak,"ujarnya.
Hal serupa diungkapkan Kapolres Sambas, AKBP Sunario, Sik, MH yang mengimbau kepada masyarakat agar bersabar dengan kondisi defisit daya yang ada di PLN. Bahkan masyarakat diminta untuk turut mendukung langkah percepatan PLN dalam operasi GI yang diupayakan sebelum Lebaran ini.
"Kita tetap imbauannya agar masyarakat bersabar dan tidak anarkis, karena semua pihak mendukung PLN agar sebelum lebaran ini masalah pemadalam listrik ini dapat di atasi dengan operasional GI," jelasnya.
PLN didukung  pemda dan aparat juga sama-sama terus mensosialisasikan kondisi PLN saat ini kepada masyarakat melalui setiap pertemuan-pertemuan yang ada dengan masyarakat diantaranya di mesjid-mesjid.
"Nanti kita dari polres juga ikut sosialisasi di Pendawan dan kampung lainnya,” pungkasnya.

Pewarta: Nova

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015