Jakarta (Antara Kalbar) - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat EE Mangindaan menyampaikan pihaknya menyiapkan pakta integritas yang harus dipegang teguh para calon kepala daerah yang akan diusung Partai Demokrat dalam pilkada serentak 2015.

"(Calon yang diusung) Tidak harus dari kader. Tapi kita ada pakta integritasnya," jelas Mangindaan di sela Rapimnas Demokrat hari kedua, di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu.

Mangindaan tidak spesifik menyebut apa isi pakta integritas itu, namun dia mengatakan setidaknya melalui pakta integritas itu para calon kepala daerah harus menentukan sikap, apakah bisa sejalan dengan Demokrat atau tidak.

"Yah setidaknya membantu Demokrat lah. Jangan nanti diusung Demokrat, kemudian lupa," kata dia.

Dia mengatakan secara umum mekanisme penjaringan calon kepala daerah dimulai dari usulan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat yang ditampung oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat dan diteruskan kepada DPP Demokrat.

Sedangkan khusus untuk calon gubernur dan wakil gubernur, nama-namanya akan diserahkan DPP Demokrat kepada Majelis Tinggi Partai Demokrat yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono, untuk diseleksi.

(R028/T. Susilo)

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015