Jakarta (Antara Kalbar) - Krisis ekonomi yang melanda Yunani berimbas kepada WNI yang bekerja di negeri para dewa tersebut.
    Kementerian Luar Negeri menyatakan sebagian besar WNI yang bekerja di Yunani sudah mulai keluar dari negara tersebut dan kembali ke Indonesia karena kehilangan pekerjaan.
    "Dari dampak krisis di sana (Yunani), sebagian besar WNI yang bekerja di sektor informal kehilangan pekerjaannya. Beberapa dari mereka sudah pulang kembali ke Indonesia," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis.
   Menurut dia, berdasarkan data yang dimiliki Kemlu, ada sebanyak 1.046 WNI yang tinggal dan bekerja di Yunani, dan sebagian dari para WNI itu sudah keluar dari Yunani.
    "Ada 1.046 WNI di sana dan sebagian sudah pulang, tetapi kami belum tahu apakah mereka pulang secara individual atau dibantu oleh KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia). Kami harus cek kembali," ujar dia.
    Dengan perekonomian Yunani yang merosot, Arrmanatha mengaku banyak WNI akan kehilangan pekerjaan dan terpaksa harus kembali ke Indonesia.
    Walaupun demikian, dia meyakini dampak krisis Yunani tidak akan terlalu mengguncang perekonomian dalam negeri Indonesia.
        "Memang Indonesia akan mendapat tekanan dari luar, tapi kita optimistis Indonesia punya landasan fundamental cukup baik untuk bertahan," kata dia.

Pewarta: Yuni Arisandy

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015